Panduan Cara Daftar Beasiswa S1 Guru 2019 Online

  • Whatsapp

Kabar gembira bagi guru yang belum menyelesaikan kuliah S1. Alhamdulillah, Pemerintah Republik Indonesia akhirnya memberikan bantuan beasiswa S1 Guru 2019.

Program bantuan beasiswa S1 guru ini tentunya akan sangat membantu guru, terutama guru honorer. Biaya kuliah saat ini masih relatif mahal, sementara penghasilan guru belum cukup untuk membiayai pendidikan di perguruan tinggi.

Muat Lebih

Memang, tingkat pengetahuan atau pendidikan seseorang tidak bisa diukur dengan selembar ijazah. Banyak yang tidak punya ijazah S1 tetapi ilmu pengetahuan, pendidikan dan wawasannya melebihi sarjana.

Tetapi apabila dihadapkan pada bukti fisik (administrasi), pendidikan seseorang hanya bisa dibuktikan lewat ijazah. Sebab ijazah merupakah bukti pengakuan yang sah dari negara bahwa seseorang telah menamatkan pendidikan di jenjang tertentu.

Ijazah S1 juga sangat bermanfaat bagi guru. Seperti diketahui, bahwa ijazah S1 menjadi salah satu persyaratan mutlak bagi guru yang ingin mengakses program bantuan pemerintah. Salah dua contohnya untuk pengajuan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan PPG (Pendidikan Profesi Guru).

Baca juga: Cara Cek NUPTK dan PegID Kemenag Online

Oleh sebab itu, mau tidak mau guru yang ingin meningkatkan karir sesuai dengan profesinya sebagai pendidik, dia harus menuntaskan pendidikan sarjana.

Pada tahun 2019 ini Pemerintah memberikan kemudahan bagi guru yang terkendala melanjutkan kuliah S1 melalui program beasiswa S1 guru 2019 ini.

Beasiswa s1 guru 2019

Kategori Beasiswa S1 Guru 2019

Kategori beasiswa kuliah S1 guru TK, SD, SMP, SMA, SMA, SLB tahun 2019 dibagi menjadi 4 kategori yaitu:

  1. Guru yang sedang kuliah S1
  2. Guru yang pernah studi S1
  3. Guru lulusan diploma (D1, D2 dan D3)
  4. Guru lulusan SMA/SMA/MA

Cara Daftar Beasiswa S1 Guru 2019

Tahapan dan cara daftar beasiswa kuliah S-1 Guru tahun 2019 adalah sebagai berikut:

cara daftar beasiswa s1 guru 2019
Halaman Pendaftaran Beasiswa S1 Guru Tahun 2019

1. Buka website GTK Kemdikbud

Guru dapat mendaftar bantuan beasiswa S1 2019 secara online di website resmi GTK Kemdikbud RI atau klik di sini. Daftar akun di website GTK Kemdikbud harus memiliki NUPTK dan email aktif.

2. Isi Formulir Pendaftaran Beasiswa Online

Silakan masukkan NUPTK, nama, email, password dan konfirmasi password pada kolom yang tersedia di halaman pendaftaran beasiswa guru 2019. Jangan lupa ceklis kolom “I agree to Terms & Conditions”. Kemudian klik tombol Daftar.

Apabila terjadi error, coba kembalikan halaman dengan menekan tombol back atau mundur di sudut kiri atas browser. Tampilan errornya seperti ini.

cara daftar beasiswa guru 2019
Tampilan Pendaftaran beasiswa S1 Guru error

Setelah menekan tombol mundur pada browser, muncul pemberitahuan pendaftaran berhasil seperti ini “Success. Registrasi Berhasil Dilakukan. Silahkan Cek Email (Inbox/Spam) Anda Untuk Verifikasi Pendaftaran” lalu klik OK.

Cara daftar beasiswa kuliah s1 guru 2019
Registrasi akun beasiswa S1 Guru 2019 sukses

3. Cek Email yang Didaftarkan

Langkah selanjutnya, buka email. Cari pesan dari SIM_BEASISWA di inbox. Jika tak ada coba buka di kotak SPAM. Isi emailnya seperti ini. (NUPTK, Nama, Username & Password sengaja diblok)

pendaftaran beasiswa s1 guru 2019
Email pendaftaran beasiswa s1 guru tahun 2019

4. Vefifikasi Akun

Klik tombol Verifikasi Akun!!

Lalu akan muncul notifikasi di halaman baru “Success. Verifikasi Pendaftaran berhasil dilakukan. Silahkan Login menggunakan Username dan Password anda”, klik OK.

5. Login

Selanjutnya silakan login dengan memasukkan email dan password yang telah dibuat saat mendaftar (lihat di email masuk dari SIM_BEASISWA).

6. Lengkapi Data Pribadi

Klik menu Profil untuk melengkapi data pribadi. Data yang perlu dilengkapi yaitu:

  • Nama Lengkap
  • NIP
  • NUPTK
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Alamat Rumah
  • Status Kepegawaian
  • Masa kerja sebagai guru
  • Satuan pendidikan
  • Alamat satuan pendidikan
  • NPSN
  • Mata pelajaran yang diampu
cara daftar beasiswa s1 guru 2019 online
Tampilan menu Profil (Doc. MyDocument.id)

Jika sudah selesai, silakan klik “simpan” untuk mengamankan data yang telah diisi.

Klik menu “Data Tambahan“, isikan riwayat pendidikan, pengalaman pelatihan dan penghargaan. Kemudian klik menu Dokumen Pendukung

Tidak Bisa Login?

Pendaftaran sukses tapi tak bisa login? Penyebabnya mungkin Anda salah mengetikkan username dan/atau password. Pada username jangan memakai NUPTK, tetapi pakai email. Sebelum mereset password, sebaiknya cek lagi username dan password di email masuk dari SIM_BEASISWA.

7. Upload Dokumen Persyaratan Daftar Beasiswa Kuliah S1 Guru 2019

Setelah Anda selesai melakukan proses pendaftaran seperti dijelaskan pada langkah-langkah di atas. Selanjutnya siapkan dan upload berkas persyaratan daftar beasiswa kuliah S-1 Guru Tahun 2019.

Syarat pendaftaran beasiswa S1 Guru 2019
Syarat pendaftaran beasiswa S1 Guru 2019

Terdapat 7 (tujuh) kelengkapan dokumen yang harus disiapkan dan diunggah. Syarat pendaftaran beasiswa S1 Guru 2019 tersebut adalah:

1. Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai guru.

2. Ijazah pendidikan terakhir.

3. Transkrip nilai (bagi yang pernah kuliah atau sedang kuliah).

4. Sertifikat pendidikan dan pelatihan (Diklat)

5. Piagam penghargaan.

6. Surat pernyataan belum berkualifikasi S1.

7. Surat pernyataan tidak sedang memperoleh bantuan pendidikan dari Instansi/Lembaga lain (Tanda tangan bermaterai, diketahui kepala sekolah).

Berkas-bekas di atas dibuat dalam file format pdf. Cara mengunggahnya klik Pilih File atau klik Browser, lalu klik Simpan.

8. Verifikasi Ajukan Bantuan

Setelah semua dokumen pdf selesai diupload, selanjutnya pilih menu Ajukan Bantuan pada tab Verifikasi.

Begitulah panduan lengkap cara daftar beasiswa kuliah S1 untuk Guru tahun 2019. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat dan semoga Anda lulus verifikasi.

Batas akhir pendaftaran

Beasiswa tersebut merupakan Beasiswa Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) berdasarkan surat edaran direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan nomor 4082/B.B3/GT/2019.

Dalam surat edaran tersebut dituliskan batas akhir waktu pendaftaran beasiswa S1 Guru 2019 paling lambat hingga 31 Mei 2019.

Info beasiswa guru ini diposting 28 Mei 2019, masih ada waktu. Buruan daftar!

Pos terkait