Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online Perorangan, 6 Langkah

  • Whatsapp

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan online untuk peserta perorangan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan adalah asuransi milik pemerintah yang bertugas melindungi seluruh pekerja di Indonesia.

Program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya buat pekerja yang terikat hubungan kerja (karyawan). Tetapi bisa juga dirasakan oleh pekerja yang tidak terikat hubungan kerja (perorangan). Siapapun bisa daftar BPJS Ketenagakerjaan asal dia mampu membayar iuran bulanan.

Program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja JKK diberikan bagi pekerja yang berisiko tinggi mengalami kecelakaan. Apabila peserta mengalami kecelakaan ketika menunaikan tugas pekerjaannya maka akan diberikan manfaat proteksi.
  2. Jaminan Kematian Apabila peserta meninggal dunia (namun bukan karena kecelakaan kerja), BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan uang santunan ataupun biaya pemakaman kepada ahli waris yang tercantum dalam dokumen peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Jaminan Hari Tua Jaminan hari tua adalah salah satu program paling populer dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini bisa diterima ketika usia pensiun dan juga dapat dicairkan saat PHK.
  4. Jaminan Pemeliharaan Kesehatan BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi peserta. Melalui program ini, peserta serta keluarga dapat menikmati beberapa fasilitas kesehatan dan pengobatan tertentu.

Syarat daftar BPJS Ketenagakerjaan online untuk perorangan

Syarat daftar BPJS Ketenagakerjaan untuk perorangan berbeda dari peserta PPU dan pemberi kerja. Calon peserta perorangan harus daftar kolektif minimal 10 orang dan melengkapi berkas persyaratan sebagai berikut:

  1. Surat izin usaha yang diperoleh dari RT, RW dan kantor kelurahan setempat.
  2. KTP dan Kartu Keluarga masing-masing pekerja
  3. Pas foto

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan online untuk peserta perorangan

Dalam rangka memberikan kemudahan pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan membuka pendaftaran melalui kanal fisik dan non fisik. Pendaftaran fisik bisa langsung ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan atau kantor pelayanan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Sedangkan kanal pendaftaran non fisik bisa dilakukan secara online melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Nah, setelah berkas 10 orang calon peserta perorangan BPJS Ketenagakerjaan terkumpul, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1. Buka website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan online

  1. Buka halaman website BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Isi formulir pendaftaran dengan email salah satu perwakilan dari 10 orang pekerja perorangan (wadah pekerja perorangan), lalu klik Register.

Langkah 2. Buka email (folder inbox atau SPAM)

Buka email kamu untuk melihat password dan link login BPJS Ketenagakerjaan.

Langkah 3. Login/ Sign in dan perekaman data perusahaan

Silakan masukkan email dan password yang telah dikirim BPJS Ketenagakerjaan via email kamu. Setelah itu, apabila login berhasil, akan muncul halaman baru berisi formulir perekaman data perusahaan.

Langkah 4. Paket program

Silakan pilih paket program BPJS Ketenagakerjaan yang mau Anda pilih.

Langkah 5. Data tenaga kerja

Ketika data tenaga kerja sudah selesai direkam maka langkah selanjutnya adalah klik tombol “Kirim Data”. Pada proses ini data akan dialirkan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk approval di level kantor cabang yang dituju oleh perusahaan.

Pada tahap ini pula terjadi pengiriman email notifikasi yang berisi pemberitahuan informasi dari sistem kepada 3 (tiga) pihak yaitu email kepada pihak perusahaan (kontak person), Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan yang dituju serta Kepala Bidang Pemasaran Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Tahap 6. Pembayaran

Setelah dilakakukan verifikasi data oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan maka pendaftar akan mendapatkan email notofikasi. Kemudian akan dikirimkan juga Email kode iuran pertama melalui bank kerjasama yang tercantum dalam email.

Demikianlah panduan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan online terbaru untu peserta perorangan. Semoga bermanfaat.

Pos terkait