Cara Melihat Nilai UNBK Online SMP/MTs, SMA/MA, SMK

  • Whatsapp

Hai! Pasti kamu sudah tidak sabar ingin segera melihat nilai hasil UNBK, bukan? Nilai hasil UNBK secara resmi nanti akan dibagikan oleh guru di sekolah masing-masing. Tetapi kamu juga bisa melihat nilai UNBK di sekolahmu secara online. Mau tau?

Kamu bisa melihat nilai UN/ UNBK semua jenjang pendidikan dari mulai tahun ajaran 2014/2015, 2015/2016 dan 2017/2018. Sedangkan nilai hasil UNBK tahun ajaran 2018/2019 pada saat postingan ini diterbitkan (3/4/2019) belum muncul. Coba saja nanti cek, mungkin sudah bisa dilihat hasilnya.

Muat Lebih

Begini ya enaknya hidup di era digital, kita bisa mengakses data secara online. Asal tahu caranya, apapun bisa dicari secara online. Meskipun internet banyak negatifnya, tapi banyak pula positifnya. Ini tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Jika digunakan untuk hal negatif, ya hasilnya negatif. Jika digunakan untuk hal yang positif, ya pasti bermanfaat. Jadi, sebagai manusia berpendidikan, bijaklah dalam menggunakan internet.

Oke, lanjut lagi ke pembahasan cara melihat nilai hasil UNBK online. Simak baik-baik ya, ini caranya.

Cara Melihat Nilai Hasil UNBK Online

1. Buka situsĀ https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Ini adalah situs resmi hasil UN Kemdikbud RI. Jadi kamu tidak perlu meragukan keakuratan data yang disajikan di sana.

2. Klik jenjang pendidikan

Di situ ada SMP/ MTs, SMA/MA dan SMK. Silakan pilih jenjang pendidikan yang ingin kamu cek hasil UN/UNBK-nya.

3. Pilih menu Capaian dan Tahun Pelajaran

Posisi menu Capaian ada di sebelah kanan, sejajar dengan menu jenjang pendidikan. Menu Tahun Pelajaran ada di atas menu Capaian.

4. Silakan ceklis Unit Analisis, Jenis Satuan Pendidikan, Provinsi, Status Satuan Pendidikan dan Kabupaten/ Kota.

Cara Melihat Nilai UNBK Online Semua Jenjang Pendidikan

Ini untuk mempermudah atau mempercepat pencarian nilai hasil UNBK. Halaman website akan menampilkan tabel berisi nama sekolah, NPSN, status, jumlah peserta dan rerata nilai pada mata uji (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA).

5. Tekan CTRL + F lalu ketik nama sekolah kamu, tekan enter. Maka akan muncul rerata nilai UN/UNBK sekolah yang kamu cari.

Bagaimana cara melihat nilai hasil UNBK milikmu sendiri?

Sayang sekali, fitur ini tidak tersedia di situs puspendik Kemdikbud. Situs ini hanya menampilkan data rerata nilai hasil UN/UNBK per sekolah. Untuk nilai pribadi, belum bisa dicek di situs ini.

Pos terkait