Cara Melihat NUPTK dan PegID Online Kemenag (Simpatika)

  • Whatsapp

Setiap guru harus memiliki NUPTK atau bagi yang belum memenuhi kualifikasi mendapatkan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), minimal memiliki PegID. Pada artikel kali ini, saya akan sharing cara melihat NUPTK dan PegID guru di bawah naungan Kementerian Agama secara online.

Selain bisa melihat NUPTK dan PegID, Anda juga bisa melihat status keaktifannya. Kalau ternyata setelah dicek status Anda tidak aktif, segera ingatkan operator sekolah/ madrasah untuk melakukan verval.

Muat Lebih

Kalau Anda tergolong guru baru dan belum memiliki NUPTK atau PegID, segera konsultasi dengan operator sekolah/madrasah agar diajukan menurut prosedur pengajuan NUTPK yang berlaku. NUPTK ini sangat penting untuk seorang guru, baik PNS maupun non PNS.

Manfaat NUPTK bagi Guru PNS: 

a. Mengikuti Program Sertifikasi
b. Mendapatkan Tunjangan
c. Mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)

Manfaat NUPTK bagi Guru Non PNS : 

a. Memperoleh tunjangan
b. Syarat memperoleh Tunjangan Fungsional
c. Syarat memperoleh Tunjangan Insentif GBPNS
c. Mengikuti UKG
d. Memperoleh Beasiswa Pendidikan

Cara Melihat NUPTK dan PegID Online Guru Kemenag

1. Silakan buka situs https://simpatika.kemenag.go.id/

Cara Melihat NUPTK dan PegID Online Kemenag (Simpatika)

Simpatika adalah situs resmi NUPTK guru di bawah naungan Kementerian Agama RI. Untuk mengecek NUPTK dan status keaktifannya, Anda bisa lihat di situs ini.

2. Ketik nama Anda di kolom Nama/NUPTK/PegID dan ketik nama kota atau nama madrasah induk di kolom Kota Lokasi Madrasah/Sekolah Induk.

3. Klik Cari atau tekan Enter.

Tunggu proses loading beberapa saat dan Anda dapat segera melihat hasilnya. Simpatika akan menampilkan data berupa Nama, NUPTK, PegID, Nama Sekolah dan Status Keaktifan. Contohnya seperti ini.

Cara Melihat NUPTK dan PegID Online Kemenag (Simpatika)

Untuk melihat detil info PTK silakan klik huruf (i) pada Detil. Dan untuk melihat siapa saja guru di sekolah Anda yang sudah terdaftar di Simpatika, Anda bisa mengeklik nama sekolah. Di situ semua guru yang sudah didaftarkan ke Simpatika akan muncul lengkap nama, PegID/NUPTK dan detil PTK.

Ternyata cara cek NUPTK online itu mudah ya? Cara ini bisa Anda pakai sewaktu-waktu kalau lupa dan kartu NUPTK ketinggalan. Ya kartu NUPTK ‘kan bisa dicetak dari akun simpatika. Belum punya kartu NUPTK, tidak tau cara mencetaknya? Silakan minta bantuan operator sekolah/ madrasah.

Pos terkait