Cara Membuat Halaman di Word 2010 dan 2013

  • Whatsapp

Pada postingan ini, saya akan sharing cara membuat halaman di Word secara otomatis, mudah dan cepat. Setiap ada penambahan halaman, maka halaman tersebut akan otomatis diberi nomor.

Menambahkan halaman baru di Word sangat mudah. Anda lanjutkan saja mengetik, maka halaman baru akan muncul otomatis apabila halaman sebelumnya sudah tidak bisa menampung tulisan. Atau tekan tombol Enter pada keybord beberapa kali sampai muncul halaman baru. Bisa juga dengan menekan tombol CTRL bersamaan dengan tombol Enter.

Muat Lebih

Format nomor halaman bisa berupa angka atau teks. Nomor yang berupa angka yaitu 1, 2, 3, 4 dan seterusnya atau -1, -2, -3, -4 dan seterusnya. Sedangkan nomor halaman yang berupa huruf yaitu a, b, c, dst., A, B, C, dst., dan i, ii, iii, dst.

Ketika membuat makalah, pemberian nomor halaman huruf biasanya pada halaman kata pengantar dan daftar isi. Sedangkan memberi nomor halaman angka dimulai dari BAB 1 sampai daftar pustaka.

Pada postingan sebelumnya tentang cara membuat tabel di Word disebutkan bahwa Word atau Microsoft Word merupakan program komputer untuk pengetikan. Microsoft Office Word sering digunakan karena mudah dioperasikan.

Pekerjaan perkantoran yang bisa dibuat di MS Word antara lain makalah, skripsi, tesis, proposal, surat, simbol rumus matematika, grafik (chart), struktur organigram, tabel dan sebagainya.

Makalah, karya ilmiah, skripsi dan tesis pasti lebih dari satu halaman dan suka diberi nomor pada setiap halaman. Berikut ini cara membuat halaman pada Word.

Cara Membuat Halaman di Word

Sebelum Anda melihat panduan cara membuat halaman di Word secara otomatis, pastikan Anda sudah mengetik makalah atau skripsi pada 1 file. Namun agar lebih mudah dalam memberi nomor halaman, makalah sebaiknya dipecah menjadi beberapa file lalu simpan pada 1 folder.

File pertama berisi sampul dan lembaran yang tidak akan diberi nomor. File kedua berisi lembaran-lembaran yang akan diberi nomor huruf, seperti kata pengantar (i) dan daftar isi (ii). File ketiga isi makalah atau skripsi, mulai dari BAB 1 sampai akhir yang akan diberi nomor angka (1, 2, 3, dst.).

Cara membuat nomor halaman di Word yaitu klik menu Insert, lalu pilih Page Number. Lihat gambar di bawah ini.

Cara membuat halaman di word
Microsoft Word 2010

Gambar di atas adalah tampilan Microsoft Word 2010. Pemberian nomor di Word 2013 pada dasarnya sama saja, yaitu pilih menu Sisipkan kemudian pilih ikon Nomor halaman.

Top of Page

Pilih sub menu Top of Page apabila Anda ingin memberi nomor halaman pada bagian atas. Posisinya bisa di sebelah kiri, tengah atau kanan.

Bottom of Page

Buttom of Page adalah sub menu untuk membuat nomor halaman di bagian bawah kertas. Anda juga bisa menentukan posisi, apakah mau di sebelah kiri, di tengah atau di kanan kertas.

Page Margins

Silakan pilih Page Margins jika Anda ingin menampilkan nomor halaman di bagian margin. Bisa pilih posisi nomor pada margin kiri atas, margin kanan atas, margin kiri bawah atau margin kanan bawah.

Current Position

Current position adalah menunjukkan halaman yang sedang Anda lihat. Ketika menambahkan nomor halaman pada daftar isi current position ini akan sangat membantu.

Caranya simpan kursor pada daftar isi yang akan diberi nomor halaman. Geser layar ke bawah (ke halaman bersangkutan) menggunakan pointer mouse pada scrol bar di sebelah kanan agar kursor tetap pada posisi semula. Pilih Page number, curent position.

Format Page Numbers

Format page numbers yaitu untuk memilih format nomor. Apakah akan memakai nomor yang berupa angka romawi (i, ii, iii) atau angka (1, 2, 3).

Remove Page Number

Remove page number adalah sub menu untuk menghapus nomor halaman di Word. Apabila terjadi kesalahan format atau posisi, maka fitur ini bisa Anda gunakan.

Karena penomoran halaman di Word otomatis, maka sebaiknya pisahkan file yang akan diberi nomor angka romawi dan angka. Ini untuk memudahkan ketika mencetak dokumen. Kecuali jika Anda mau mengubah-ubah posisi kertas dan format nomor ketika akan mencetaknya.

Demikianlah cara membuat halaman di Word. Semoga tutorial singkat ini dapat membantu. Terima kasih.

Pos terkait