Rumus Cara Menghitung Genteng Rumah atau Bangunan

Cara menghitung genteng rumah atau bangunan sebenarnya sangat mudah. Namun kalau kita tidak tahu rumus yang digunakan untuk menghitung kebutuhan genteng maka hasil perhitungannya tidak akan akurat.

Kesalahan dalam menghitung kebutuhan genteng rumah atau bangunan bisa menyebabkan biaya pembangunan jadi membengkak. Jika kelebihan membeli genteng, maka jelas akan ada uang yang mengendap di bahan material genteng yang sulit dijual lagi. Sedangkan jika kurang, kita harus mengeluarkan uang lagi buat ongkos dan juga meluangkan waktu. Sehingga waktu pekerjaan jadi terlambat.

Muat Lebih

Nah, oleh sebab itu pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara menghitung kebutuhan genteng untuk atap rumah atau bangunan secara manual tanpa menggunakan software autocad.

Rumus Cara Menghitung Genteng Rumah atau Bangunan
via ideproperti.com

Kesulitan menghitung genteng secara manual adalah saat menghitung luas atap. Karena pada umumnya atap rumah atau gedung itu bentuknya tidak datar seperti lantai keramik.

Cara menghitung luas atap bangunan rumah

Cara menghitung luas atap bangunan rumah berbeda-beda, tergantung bentuk atapnya.

Cara menghitung atap datar = panjang x lebar

Cara menghitung atas miring berbentuk limas = panjang x lebar : cosinus kemiringan sudut atap

Contoh 1:

Atap rumah datar panjang 10 meter lebar 8 meter, maka luas atap = 10 x 8 = 80 m2.

Contoh 2:

Atap rumah berbentuk limas panjangnya 10 meter, lebar 8 meter dan sudut kemiringan 30 derajat. Maka luas atap rumah tersebut = 10 x 8 : cos 30 = 40 m2.

Untuk menghitung cosinus Anda bisa menggunakan bantuan kalkulator.

Cara menghitung kebutuhan genteng rumah

Jika per m2 dibutuhkan 25 buah genteng, maka jumlah genteng yang dibutuhkan untuk menutup atap rumah seluas 40 meter persegi (lihat contoh soal nomor 2 di atas) adalah 40 m2 x 25 buah = 1.000 buah genteng.

Harga genteng di masing-masing kota juga berbeda-beda. Jika harga genteng biasa harganya Rp. 2.000 per buah, maka total biaya yang dibutuhkan untuk genteng rumah dengan luas atap 40 m2 adalah 1.000 buah x Rp. 2.000 = Rp. 2 juta.

Genteng yang Anda beli tidak akan utuh 100%, mungkin saja ada yang pecah saat pemindahan. Oleh karena itu, Anda bisa membeli genteng lebih dari hasil perhitungan.

Demikianlah cara menghitung genteng rumah atau bangunan gedung. Semoga bermanfaat.

Pos terkait