Rumus 6, Cara Menghitung Ketinggian Tiang atau Gedung

Pada kesempatan ini saya akan berbagi cara sederhana mengestimasi ketinggian tiang, pohon, gedung dan sebagainya karena dalam kegiatan sehari-hari sering terjadi ada benda yang harus diperkirakan ketinggiannya.

Dengan menggunakan metode sederhana, kita dapat mengukur ketinggian tanpa alat khusus . Namun kelemahannya, cara menghitung ketinggian tiang atau gedung dengan metode sederhana ini hanya bisa dipakai jika ada sinar matahari dan bayangan benda yang akan diukur tingginya terlihat.

Muat Lebih

Cara menghitung ketinggian tiang atau gedung

Cara Menghitung Ketinggian Tiang atau Gedung
via balipost.com

Rumus cara menghitung ketinggian ini didasarkan atas fakta bahwa perbandingan antara tingg sebenarnya dan panjangnya bayangan akan sama untuk semua benda, dengan persyaratan bayangan jatuh pada tanah relatif datar.

Alat sederhana yang kita gunakan adalah mistar (penggaris). Dengan bantuan mistar kita dapat menghitung ketinggian tiang, gedung atau pohon berdasarkan tinggi bayangannya.

Tinggi = T

Tinggi bayangan = B

Rumus 6 : Estimasi Ketinggian Tiang atau Gedung

Tpohon / Bpohon = Tmistar / Bmistar

Contoh soal cara menghitung ketinggian

Jika tinggi mistar 60 cm, panjang bayangan mistar 90 cm dan panjang bayangan pohon adalah 8 meter, berapa tinggi pohon?

Jawab :

Tinggi mistar = 60 cm

Panjang bayangan mistar = 90 cm

Panjang bayangan pohon = 8 meter

Maka tinggi pohon adalah :

Tinggi pohon = 60 cm / 90 cm x 8 meter = 5,33 meter

Jadi setelah mengukur panjang bayangan mistar yang tingginya 60 cm, kita bisa memperkirakan tinggi pohon yang memiliki panjang bayangan 8 meter.

Jangan lupa, simak juga : Rumus 3, Cara Menghitung Persentase Kemiringan Tanjakan

Demikianlah rumus 6 cara menghitung ketinggian tiang atau gedung, semoga dapat berguna. Sekali lagi, bahwa rumus sederhana ini hanya bisa digunakan apabila ada sinar matahari dan bayangan benda dapat dilihat.

Akurasi hasil pengukurannya pun tidak dijamin tepat 100 %, tapi hasil penghitungannya tidak akan jauh beda dan dapat membantu memperkirakan ketinggian suatu benda.

Pos terkait