Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Benar Sesuai EYD

  • Whatsapp

Memahami cara menulis surat lamaran kerja yang benar sesuai EYD sangatlah penting. Karena dengan begitu kita akan bisa membuatnya dengan baik. Surat lamaran kerja yang baik dapat menggambarkan kualitas si pelamar. Sehingga pihak HRD perusahaan tertarik untuk memanggilnya ikut wawancara kerja.

Membuat surat lamaran pekerjaan tidak boleh asal-asalan, ada aturannya. Tata cara menulis surat lamaran kerja yang benar sudah dijelaskan dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII. Tapi ya begitulah, kalau sedang belajar di bangku sekolah kita kadang kurang memerhatikan.

Muat Lebih

cara menulis surat lamaran kerja yang benar sesuai EYD
cia money.com

Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD

Surat lamaran pekerjaan terdiri atas beberapa unsur. Berikut ini adalah unsur-unsur surat lamaran kerja dan cara menulisnya.

Tanggal surat

Tanggal surat pada lamaran pekerjaan diletakkan di sebelah kanan atas atau di bagian bawah sebelum identitas pengirim. Jadi kalau menurut aturan, menyimpan tanggal surat bukan di sebelah kiri.

Nama bulan tidak boleh disingkat atau ditulis dengan angka. Harus ditulis dengan huruf secara lengkap. Pada akhir huruf setelah tahun tanpa titik (.). Contoh:

Bandung, 22 April 2019

Lampiran

Lampiran atau tambahan berkas surat perlu ditulis juga surat dilampiri berkas tambahan. Adapun yang termasuk lampiran antara lain foto copy KTP, foto copy KK, foto copy sertifikat kursus/ pelatihan, pas foto, SKCK, Ijazah, transkip nilai dan salinan surat-surat resmi lainnya.

Aturan menulis lampiran surat lamaran kerja adalah diawali dengan huruf kapital (L). Boleh disingkat lamp dan harus ikuti oleh titik (.) menjadi lamp. serta diakhiri dengan titik dua (:). Contohnya:

Lampiran:

atau

Lamp.:

Setelah huruf terakhir ke : tidak ada spasi (Lampiran: atau Lamp.:). Lalu setelah titik dua diberi spasi (Lampiran: 3 lembar atau Lamp.: 3 lembar).

Perihal surat

Perihal atau pokok surat adalah soal, urusan atau tentang sesuatu. Cara penulisan perihal surat lamaran pekerjaan adalah huruf awalnya harus kapital (P), diikuti titik dua (:) tanpa spasi, singkat, tidak melebihi satu baris, tidak diakhiri titik dan tidak digaris bawahi. Contohnya:

Perihal: Permohonan menjadi karyawan

Alamat surat

Yang perlu diperhatikan ketika menulis alamat surat lamaran yaitu:

  • Kata yang terhormat disingkat Yth. (huruf Y kapital, diakhiri dengan titik).
  • Tidak perlu diawali dengan kata kepada karena alamat yang ditulis sudah jelas merupakan alamat yang dituju.
  • Kata sapaan seperti bapak atau ibu ditulis jika diikuti nama orang. Huruf awal kata sapaan ditulis dengan huruf kapital (Bapak atau Ibu). Kata sapaan tidak perlu dicantumkan apabila diikuti oleh jabatan atau gelar.
  • Kata jalan tidak boleh disingkat jln atau jl.
  • Di akhir baris tidak boleh memakai tanda titik (.)

Contoh:

Yth. Bapak Guntur
Direktur PT. MyDocument Indonesia
Jalan Merdeka No. 45
Jakarta Pusat

atau

Yth. Ir. H. Guntur
Direktur PT. MyDocument Indonesia
Jalan Merdeka No. 45
Jakarta Pusat

Salam pembuka

Salam pembuka yang lazim digunakan adalah dengan hormat. Penulisan huruf awal dengan menggunakan huruf kapital dan diikuti dengan tanda koma (Dengan hormat,). Salam pembuka ditulis di sebelah kiri dan tidak perlu menjorok ke dalam alinea.

Isi surat

Isi surat merupakan bagian penting, panjang pendeknya isi surat bergantung dari apa yang akan dikemukakan. Bagian isi surat terdiri atas bagian pembuka, inti dan penutup.

Bagian pembuka merupakan paragraf pengantar atau pendahuluan terhadap suatu permasalahan. Bagian pembuka harus ditulis sangat menarik agar pihak yang membaca tertarik.

Bagian inti adalah lanjutan dari bagian pembuka. Inti surat lamaran kerja boleh terdiri atas beberapa paragraf, termasuk penyebutan lampiran. Bagian inti harus ditulis dengan tegas, menarik dan meyakinkan.

Bagian penutup berisi harapan dan ucapan terima kasih. Tulis dengan singkat dan sederhana saja.

Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD

Garut, 23 April 2019

Lampiran: Enam lembar
Perihal: Lamaran kerja

Yth. Kepala Personalia
PT. MyDocument Indonesia
Jalan Pasirpogor No. 37
Garut

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di situs MyDocument.id tanggal 20 April 2019, PT. MyDocument Indonesia membutuhkan tiga orang karyawan dalam bidang pengetikan. Sesuai bidang pekerjaan tersebut, dengan ini saya,

Nama                     : Nama Lengkap Anda
Tempat & Tgl. Lahir : Tempat lahir, tanggal-bulan-tahun lahir Anda
Pendidikan Akhir     : Pendidikan terakhir Anda
Alamat                   : Alamat lengkap, RT. ___ RW. ___ Desa/Kel. dst.
Handphone             : 081xxx
Email                     : email aktif yang bisa dihubungi
Status Pernikahan   : Isi sesuai data yang benar

mengajukan permohonan untuk menjadi karyawan bidang pengetikan. Adapun kualifikasi yang saya miliki sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan berkas-berkas sebagai berikut.

  1. Foto copy ijazah;
  2. Foto copy sertifikat kursus komputer;
  3. Foto copy tanda penduduk (KTP);
  4. Surat keterangan pengalaman kerja;
  5. surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian;
  6. Pas foto terbaru ukuran 3×4 dua lembar;

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

Nama Anda

Baca juga:Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Untuk 99+ Lowongan Pekerjaan

Demikian tata cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD. Semoga uraian singkat di atas dapat berguna bagi semua pembaca.

Pos terkait