Contoh Piagam Paskil (Pesantren Kilat) Ramadhan

Contoh piagam paskil atau sertifikat pesantren kilat, untuk pembuatan syahadah bagi santri yang telah selesai mengikuti pesantren kilat Ramadhan.

Sudah menjadi rutinitas positif tahunan, anak-anak dari usia TK sampai SMA mengikuti pesantren kilat selama bulan puasa. Disebut pesantren kilat karena program pesantren ini hanya dilaksanakan selama bulan puasa.

Mereka mengikuti paskil untuk memperdalam ilmu agama Islam. Selain itu, paskil juga menjadi ajangĀ ngabuburit yang positif dan berpahala. Selama sekolah masih belum libur, paskil biasanya dimulai setelah dzuhur sampai menjelang adzan Maghrib.

Paskil tidak hanya dilaksanakan di pesantren-pesantren salafiyah, tetapi di masjid-masjid besar (DKM) tiap kampung/komplek. Kurikulum paskil di DKM-DKM biasanya diisi oleh kajian kitab kuning atau tilawah al-Qur’an.

Sedangkan di pesantren Salafiyah, paskil diisi oleh kajian kitab kuning secara khusus yang belum pernah atau jarang diajarkan pada hari-hari biasa.

Selain di DKM-DKM dan pesantren salafiyah, di sekolah dan madrasah juga kadang suka diadakan program pesantren kilat. Program paskil di sekolah pada umumnya sebagai jam tambahan dari mata pelajaran yang diajarkan sesuai kurikulum pemerintah.

Sebagai bukti bahwa santri/siswa telah mengikuti pesantren kilat selama bulan Ramadhan, panitia suka membuat piagam, sertifikat atau syahadah. Selain merupakan tanda telah mengikuti pesantren kilat, piagam paskil juga dapat menjadi apresiasi dan motivasi bagi santri agar meningkatkan minat memperdalam ilmu agama.

Kata-Kata Pada Piagam Paskil Ramadhan

Kata-kata atau isi piagam pesantren kilat (diklat Ramadhan), kurang lebih seperti ini:

Bismillahirrahaanirrahiim

SERTIFIKAT

Diberikan kepada:

 

…………………………

Telah mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan yang diselenggarakan oleh DKM Asy-Syifa pada tanggal 1 s.d. 25 Ramadhan 1440 H/ 6 Mei -1 Juni 2019.

Yang bersangkutan dinyatakan LULUS dengan hasil Cukup / Baik / Memuaskan

Semoga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat serta mendapat Ridho Allah SWT. Aamiin.

Contoh Piagam Paskil (Syahadah Pesantren Kilat) Ramadhan

Berikut ini ada beberapa contoh piagam paskil yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Piagam Paskil
Contoh sertifikat paskil via butuhpendidikan.blogspot.com
Contoh Piagam Paskil
Contoh piagam penghargaan pesantren kilat via scrib
Contoh piagam paskil nilai
Contoh nilai paskil via scrib

Contoh Bingkai Piagam Paskil

Contoh bingkai piagam
contoh bingkai lanskap via Fauzi Chaniago
Contoh bingkai sertifikat
Contoh bingkai portrait via masbadar.com

Aplikasi Cetak Piagam Paskil Berbasis Excel

Kalau santri/siswa yang ikut pesantren kilat cukup banyak, tentu akan merepotkan jika sertifikat ditulis tangan satu persatu. Berikut ini ada aplikasi untuk mencetak syahadah berbasis excel dari laman nurhayatimualif.com.

1. DOWNLOAD APLIKASI

2. DOWNLOAD FONTS

Silakan unduh dan install font (huruf) dari link yang tersedia di atas.

Demikian contoh piagam paskil, contoh bingkai sertifikat dan aplikasi cetak piagam. Semoga postingan ini bermanfaat.

Pos terkait