Contoh Surat Jual Beli Motor Singkat dan Akurat

Contoh surat jual beli motor berisi perjanjian jual beli antara pihak penjual dan pembeli kendaraan roda dua. Mereka sepakat melakukan jual beli motor bekas karena masing-masing merasa cocok dengan barang dan harga.

Jual beli motor bekas memang jual beli lepas. Saya belum pernah mendengar ada penjual motor bekas yang memberikan garansi. Body dan mesin kendaraan tidak mungkin utuh, akan terus menyusut setiap pemakaian.

Muat Lebih

Sebelum membayar, pembeli juga biasanya sangat teliti memeriksa kondisi mesin dan body motor. Kalaupun di kemudian hari ada kerusakan mesin atau cacat body akibat pemakaian, si pembeli jarang minta ganti rugi ke penjual.

Walaupun begitu, demi untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan di kemudian hari, sebaiknya dibuat surat perjanjian jual beli motor.

Contoh surat jual beli motor

Kecuali dia beli motor baru, itu lain cerita. Membeli motor baru dari dealer atau showroom kita tidak perlu lagi repot-repot membuat surat jual beli motor karena sudah disiapkan secara baik oleh pihak dealer.

Contoh Surat Jual Beli Motor

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOTOR

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ……..
Tempat, Tanggal Lahir : ……..
Pekerjaan : ……..
Alamat : ……..
No. KTP/SIM : ……..

Dengan ini sebagai Pihak Pertama (Penjual).

Nama : ……..
Tempat, Tanggal Lahir : ……..
Pekerjaan : ……..
Alamat : ……..
No. KTP/SIM : ……..

Dengan ini sebagai Pihak Kedua (Pembeli).

Kedua belah sepakat untuk mengadakan perjanjian jual beli motor dengan ketentuan yang diatur sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama menjamin bahwa sepeda motor yang akan dijual kepada Pihak Kedua adalah benar milik Pihak Pertama dan tidak sedang dijaminkan pada Pihak Ketiga. Pihak Kedua juga telah mengetahui kondisi motor yang dimaksud oleh Pihak Pertama. Motor yang dimaksud adalah :
Atas nama : ……..
Merk Mobil : ……..
Warna : ……..
No. Rangka : ……..
Tahun : ……..
CC Motor : ……..
No. Polisi : ……..
No. Mesin : ……..
No. BPKB : ……..
  1. Pihak Pertama akan menjual motor diatas kepada Pihak Kedua dengan harga Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah), secara tunai dan tanpa perantara.
  2. Pihak Pertama akan menyerahkan surat-surat kelengkapan beserta kendaraan pada saat Pihak Kedua melakukan pembayaran, yakni pada tanggal ……………
  3. Untuk biaya balik nama surat-surat kendaraan ditanggung oleh Pihak Kedua dan Pihak Pertama akan kooperatif untuk membantu.
  4. Bilamanan terjadi perselisihan dalam transaksi ini, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan dan baru akan ke jalur hukum bila tak ditemui titik terang penyelesaian.

Demikian surat perjanjian jual beli motor dibuat rangkap dua dengan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan hukum yang sama. Kedua belah pihak juga dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dalam pembuatannya.

…………., …….. 2019
   

Pihak Pertama

Pihak Kedua
   
………….

………….

Sumber: dari rocketmanajemen.

Jika Anda membutuhkan file doc surat jual beli motor yang sederhana, singkat dan jelas silakan download di sini.

Demikian, semoga contoh surat jual beli motor ini bermanfaat.

Pos terkait