Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Tanah

  • Whatsapp

Apakah Anda baru saja membeli sebidang tanah atau atau sawah? Kalau iya, Anda perlu membuat surat keterangan kepemilikan tanah dari Kantor Desa atau Kelurahan.

Surat keterangan kepemilikan tanah ini sangat penting namun sifatnya sementara, sebelum Anda memiliki Akta atau sertifikat tanah. Derajat surat ini tidak kuat jika dibandingkan dengan akta (akta jual beli atau akta hibah), apalagi jika dibandingkan dengan sertifikat.

Muat Lebih

Fungsi surat keterangan kepemilikan tanah adalah untuk menerangkan bahwa tanah darat atau sawah di lokasi tertentu adalah benar-benar milik Anda. Pembuatan urat tanah ini agar terhindar dari sengketa di kemudian hari.

Surat keterangan kepemilikan tanah dapat diajukan ke kantor desa atau kelurahan, diketahui oleh camat setempat. Bawalah beberapa persyaratan yang mungkin akan dibutuhkan seperti KTP penjual & pembeli, surat perjanjian jual beli/ surat hibah.

Selain untuk menerangkan kepemilikan tanah, surat ini juga kadang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi misalnya untuk pengajuan pinjaman/ kredit ke bank. Di samping memiliki surat keterangan kepemilikan tanah, Anda juga dianjurkan membuat surat perjanjian jual beli tanah dan sertifikat tanah sebagai bukti kepemilikan yang sah.

Contoh Surat Keterangan Kepemilikan Tanah

Contoh surat keterangan kepemilikan tanah

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT

KECAMATAN BANJARWANGI

KANTOR KEPALA DESA/ KELURAHAN BANJARWANGI

SURAT KETERANGAN KEPEMILIKAN TANAH

Nomor : ……………………………….

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama

Tempat, Tgl. Lahir

Jenis Kelamin

Agama

Alamat

:

:

:

:

:

…………………………………………….

…………………………………………….

…………………………………………….

…………………………………………….

…………………………………………….

Berdasarkan sepengetahuan kami dan atas dasar keterangan dari Ketua RT dan RW disertai bukti lain yang ada, menerangkan bahwa SPPT No. ………………… dengan luas tanah + ………. m2 yang terletak di ……………………………… Desa …… Kecamatan ….. Kab. ……… adalah hak milik orang tersebut di atas sejak tahun ………….

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya.

Mengetahui

Camat Banjarwangi,

 

 

Nama Camat

NIP.

Banjarwangi, …. April 2019

Kepala Desa Banjarwangi,

 

 

Nama Kepala Desa

 

Format surat kepemilikan tanah sangat mungkin tersedia di kantor desa atau kelurahan. Namun jika belum tersedia, atau Anda mau mengetik sendiri (tinggal menanda tangankan ke lurah/kades), bisa menirunya dari contoh surat ini.

Demikian contoh surat keterangan kepemilikan tanah ini, silakan ganti nama desa, kecamatan dan kabupaten sesuai dengan alamat masing-masing.

Pos terkait