Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik Untuk 99+ Lowongan Pekerjaan

  • Whatsapp

Apakah Anda benar-benar ingin bekerja dan punya penghasilan sendiri? Di halaman situs ini ada beberapa contoh surat lamaran kerja yang efektif dan menarik. Contoh-contoh surat ini bisa dijadikan referensi untuk membuat surat lamaran yang benar. Nama dan alamat perusahaan serta data diri pada contoh tinggal diubah sesuai lowongan pekerjaan dan data diri Anda.

daftar loker contoh surat lamaran kerja
via karir.com (18/4/2019)

Lowongan kerja bisa dicari di situs loker terpercaya. Bisa juga tanya-tanya kepada saudara atau teman yang sudah bekerja. Mungkin dia lelah tahu.

Muat Lebih

Kalau ada ‘orang dalam’ yang Anda kenal, enak bisa cari info lebih banyak tentang perusahaan itu. Pihak perusahaan biasanya menyukai pelamar kerja yang tahu banyak hal tentang perusahaannya. Namun jika tak ada orang yang bisa ngasih info, Anda bisa menanyakan ke Google. Yakinlah! Google tak akan pernah bilang Anda kepo.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Di bawah sudah disediakan contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai EYD. Bisa saja Anda tinggal copy paste, print out lalu kirim ke perusahaan yang dituju. Tapi saya kira tips ini penting untuk menambah peluang lamaran kerja Anda dilirik HRD.

Ini video tips dan trik membuat surat lamaran pekerjaan dari chanel YouTube Penerbit Cmedia.

Pihak perusahaan akan menilai kapasitas Anda melalui surat lamaran, CV dan berkas yang dilampirkan. Jadi menulis menulis lamaran pekerjaan tidak boleh asal-asalan. Presentasikan diri Anda dengan baik dalam surat itu menggunakan kata-kata positif sesuai EYD.

“Surat lamaran kerja yang baik dapat menjadi nilai tambah bagi Anda agar mudah diterima kerja”

Di bawah ini juga ada tips-tips membuat surat lamaran kerja yang baik agar diterima. Tips lamaran pekerjaan ini dirangkum dari laman Merdeka.com.

  1. Surat lamaran pekerjaan yang baik di dalamnya terdapat pencapaian dan data diri pelamar. Tulislah pencapaian Anda dalam surat secara singkat menggunakan kata-kata menarik. Usahakan agar tidak menulis ulang yang sudah ada di CV.
  2. Gunakan gaya bahasa dan pilihan kata yang menjual. Paragraf pertama tidak boleh berbelit-belit. Isi dan maksudnya kudu jelas. Kata-kata pada paragraf akhir harus tegas jangan kelihatan tidak peduli. Mintalah pihak perusahaan menghubungi Anda jika berkenan.
  3. Tunjukkan dalam surat lamaran bahwa Anda tertarik untuk bekerja di perusahaan yang dituju. Tunjukkan pula kepribadian dan antusias Anda menggunakan kata-kata kerja positif. Yakinlah HRD, Anda bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan.
  4. Sebutkan beberapa; 3-5 kemampuan dalam surat. Tapi jangan sebutkan semua, cukup tulis tiga sampai lima saja. Sisanya tuliskan di Curiculum Vitae (CV).
  5. Perusahaan tertentu mungkin menerima surat lamaran dalam format doc (dokumen Microsoft Word). Namun jika bentuk surat lamaran berupa fisik; baik diprint atau ditulis tangan, jangan lupa tanda tangani. Tanda tangan menunjukkan keaslian diri Anda.
  6. Surat lamaran kerja harus menarik, rapi dan bersih. Perhatikan tanda baca, huruf dan layout agar tidak ada kesalahan.
  7. Periksa ulang sebelum mengirimkannya. Mintalah keluarga untuk me-review atau menilai surat lamaran pekerjaan tersebut.

Lampiran Surat Lamaran Kerja

“Surat lamaran kerja merupakan awal dimana Anda akan menunjukkan keseriusan dalam melamar sebuah pekerjaan” (Cmedia)

Jangan lupa lampirkan berkas-berkas berikut ini dalam surat lamaran kerja Anda. Kemas dengan rapi dan bersih.

1. Pas foto (foto terbaru)
2. Fotokopi KTP
3 Daftar riwayat hidup
4. Fotokopi ijazah terakhir
5. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Tulis Tangan

Ini merupakan contoh bentuk surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Anda bisa melihat contoh di bawah sebagai referensi. Tinggal mengubah nama dan alamat perusahaan yang dituju serta data diri Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Konsultan, Asisten Konsultan

contoh surat lamaran kerja efektif

Contoh lamaran kerja untuk jabatan konsultan dari Finansialku.com. Surat ini bukan hanya untuk melamar sebagai konsultan saja. Tetapi bisa juga diubah untuk melamar kerja sebagai asisten konsultan dan bidang pekerjaan lainnya.

Semarang, 25 Februari 2019

Lampiran: 4 lembar
Perihal: Melamar kerja

Yth. HRD Manager
PT. Mantec Indonesia Lestari

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan dari PT. Mantec Indonesia Lestari, seperti yang termuat di situs jobsdb.com. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri sebagai Konsultan. Berikut ini data singkat saya.

Nama                     : Nama Lengkap Anda
Tempat & Tgl. Lahir : Tempat lahir, tanggal-bulan-tahun lahir Anda
Pendidikan Akhir     : Pendidikan terakhir Anda
Alamat                   : Alamat lengkap, RT. ___ RW. ___ Desa/Kel. dst.
Handphone             : 081xxx
Email                     : email aktif yang bisa dihubungi
Status Pernikahan   : Isi sesuai data yang benar

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, Power Point, Outlook, juga internet, maupun surat menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

Nama Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidang Marketing

Contoh lamaran kerja untuk bidang marketing. Lowongan kerja di bidang pemasaran terbilang banyak. Posisi yang ditawarkan pun sangat beragam. Diantaranya SPG/SPB, sales officer, direct sales officer, sales executive, sales commercial, sales head, marketing, staff marketing, telemarketing, dll. Contoh surat lamaran ini bisa diubah sesuai jenis posisi yang akan Anda lamar.

Sragen, 18 April 2019

Lampiran: 7 lembar
Perihal: Permohonan menjadi karyawan

Yth. HRD Manager
PT. Sejahtera Mitra Solusi

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website karir.com pada 15 April 2018, bahwa PT. Sejahtera Mitra Solusi membuka sedang membuka lowongan pekerkerjaan. Sehubungan dengan hal tersebut, saya sangat tertarik untuk mengisi lowongan Staff Marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.  Berikut ini saya cantumkan data singkat saya.

Nama                     : Nama Lengkap
Tempat & Tgl. Lahir : ____________
Pendidikan Akhir     : ____________
Agama                   : ____________
Alamat                   : ____________
Handphone             : ____________
Email                     : ____________
Status Pernikahan   : ____________

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan. Saya fasih berkomunikasi Bahasa Inggris, memiliki marketing yang baik dan berpengalaman bekerja sebagai SPG selama 1 tahun di PT. Singa Jaya Indonesia. Saya terbiasa bekerja mandiri dan dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK).
  4. Foto copy ijazah S-1 dan transkip nilai.
  5. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan.
  6. Pas foto 4×6 terbaru.
  7. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK).

Saya berharap Bapak/Ibu berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk bergabung, sehingga saya dapat memberi kontribusi di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

 

Nama Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Untuk Sekretaris

Ini contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dari berdasi.com untuk mengisi lowongan kerja Sekretaris atau personal assistant.

Tangerang, April 18th 2019

Attention To: Human Resources Department
PT. Maju Mundur Cantik
Jalan Cinta Damai No. 100A
Tangerang

Dear Sir or Madam,

I am writing to you to ask about the possibility of working in your company, PT. Maju Muncur Cantik. I found a job vacancy advertisement in Jobstreet.co.id that your company needs a personal assistant and I consider myself to have the proper experience to qualify for the job.

My name is Aceng Idoy. I am twenty two years old. I have an educational background as a secretary from Akademi Sekretari Taruna Bakti Bandung (Taruna Bakti Academy of Secretary) where I graduated three years ago. I have experience as secretary from some companies I have worked before as well.

With my educational background and my previous experience as secretary, I am confident that I have enough qualifications and skills to contribute to your company. In addition, I have excellent skill to operate the computer, including to work with Microsoft Office. I also speak fluently in English and I write in English with no difficulty as well. I can work independently or in a team. I am also a hard worker who always want to progress and grow and also, I am very eager to learn.

Herewith the letter, I enclose my resume and some other documents which outlines my qualifications in more detail.

I look forward to hearing from you soon and I have high hope to join your company.

Sincerely,

 

Aceng Idoy

Contoh Surat Lamaran Kerja Seherhana

Ini contoh surat lamaran pekerjaan yang sederhana untuk melamar beberapa lowongan kerja tertentu.

Bandung, 18 April 2019

Lampiran: 6 lembar
Perihal: Lamaran pekerjaan

Yth. Bapak/Ibu Kepala Personalia
PT. Pemuda Indonesia Raya

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang tertera di kantor PT. Pemuda Indonesia Raya, dengan surat ini saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan pada posisi Sales Executive di perusahaan Bapak/Ibu. Berikut ini data singkat saya:

Nama                     : Nama Lengkap
Tempat & Tgl. Lahir : ____________
Pendidikan Akhir     : ____________
Agama                   : ____________
Alamat                   : ____________
Handphone             : ____________
Email                     : ____________
Status Pernikahan   : ____________

Saya mempunyai pengalaman kerja di bidang pemasaran produk alat kesehatan selama 1 tahun di Kota Bandung dengan prestasi yang sangat memuaskan. Saya senang belajar, kerja keras serta terbiasa bekerja mandiri dan dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK).
  4. Foto copy ijazah dan transkip nilai.
  5. Pas foto 4×6 terbaru.
  6. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK).

Saya berharap diberikan kesempatan untuk bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan bekal pengalaman dan kerja keras yang saya miliki, saya yakin dapat memberi kontribusi positif bagi perusahaan Bapak/Ibu.

Demikian surat lamaran ini, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Nama Anda

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan dengan surat yang diketik sama saja. Yang membedakan surat lamaran yang ditulis tangan lebih simple. Cara menulisnya pun jelas beda, ditulis tangan atau diketik. Satu hal yang penting dalam membuat surat lamaran ditulis tangan adalah tulisan harus rapi.

“Tulisan mencerminkan kepribadian orang yang menulisnya”

Berusahalah menulis serapi mungkin. Kertas harus tetap bersih dan tidak kusut. Menulis lamaran dengan ditulis tangan sebagai pembiasaan Anda menghadapi pekerjaan baru.

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan
via merdeka.com

Pada dasarnya bentuk surat lamaran kerja itu sama. Tidak ada format standar yang penting mengacu pada EYD dan tips-tips pembuatan surat lamaran seperti di atas. Jenis surat seperti ini merupakan surat pribadi resmi, yaitu surat yang dibuat secara pribadi tetapi harus menggunakan bahasa resmi.

Contoh surat lamaran kerja di atas bisa dipergunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang. Seperti bidang keuangan, apoteker, analyst, admin/operator, resepsionis, guide, staff acounting, pendidikan, supervisor, asisten manager, programer, dan ratusan loker lainnya. Anda hanya perlu sedikit mengubah kata-katanya saja. File doc (20 downloads)

Pos terkait