Contoh Surat Pegadaian Tanah Kebun, Sawah atau Kolam

  • Whatsapp

Contoh surat pegadaian tanah sawah, kebun atau kolam dan sebagainya. Selain diperjual belikan, kebun atau sawah milik pribadi (bukan tanah negara) juga sering digadaikan.

Hukum Menggadaikan Tanah, Sawah atau Kolam

Hukum mengadaikan tanah kebun, sawah atau kolam diperbolehkan dalam Islam, asal caranya benar. Menurut penjelasan Buya Yahya di video Youtube chanelnya Al-Barjah TV, tidak ada riba dalam pegadaian tanah sawah. Yang menjadi riba adalah cara pembayarannya.

Muat Lebih

Menurut aturan Islam, yang digadaikan adalah sertifikat atau akta tanahnya, bukan tanahnya. Fungsi gadai adalah sebagai jaminan. Apabila peminjam uang tidak bisa mengembalikan uang, maka jaminan berupa tanah atau sawah bisa dijual atas kesepakatan dengan pemilik tanah.

Misalnya Anda menggadai tanah dari saya senilai Rp. 10.000.000. Saya tidak mampu membayar atau mengembalikan uang Anda. Maka Anda boleh menjual tanah tersebut atas kesepakatan dengan saya sebagai pemilik. Kemudian Anda berhak mengambil hasil penjualan Rp. 10.000.000 dan sisanya dikembalikan ke saya.

Baca: Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Tanah

Yang banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat adalah penggadai menikmati hasil tanah/sawah yang digadainya. Seperti yang dijelaskan Buya Yahya, sistem gadai tanah seperti itu hukumnya haram dalam Islam karena ada unsur riba.

Pegadaian tanah yang benar adalah untuk tujuan tolong menolong. Penggadai tidak punya hak menikmati hasil pengelolaan tanah atau sawah yang dia gadai.

contoh surat pegadaian tanah kebun sawah kolam

Contoh Surat Pegadaian Tanah Kebun, Sawah dan Kolam

Berikut ini adalah contoh surat pernyataan atau surat perjanjian gadai tanah. Silakan ambil contoh surat ini jika Anda membutuhkannya untuk melengkapi administrasi pegadaian.

SURAT PERJANJIAN PENGGADAIAN

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ……………
Tempat, Tanggal Lahir : ……………
Alamat : ……………
Pekerjaan : ……………
Agama : ……………

Selanjutnya disebut Pihak ke-I (satu).

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa saya (Pihak ke-I) sudah menggadaikan sebidang tanah Blok ………… dengan Nomor SPPT ……… Lokasi di …………. RT …… RW ……… Desa …………… Kecamatan …………… Kabupaten ……… Kepada saudara :

Nama : ……………
Tempat, Tanggal Lahir : ……………
Alamat : ……………
Pekerjaan : ……………
Agama : ……………

Selanjutnya disebut Pihak ke-II (dua).

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar – benarnya dalam keadaan sehat baik jasmani dan rohani, dan tanpa paksaan dari orang lain.

 

Pihak Ke II

______________

……………..  2019

Pihak Ke I

_____________

SAKSI – SAKSI

1.      ………………. ( …………… )
2.      ………………. ( …………… )
3.      ………………. ( …………… )
4.      ………………. ( …………… )

File contoh surat pegadaian sawah atau kebun sudah saya unggah ke google drive dalam format doc. Silakan unduh file tersebut untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surat ini untuk melengkapi administrasi saja. Artinya sebagai alat untuk mengingatkan atau bukti perjanjian gadai. Dengan bukti hitam di atas putih dapat menghindari adanya dari pihak yang dirugikan. Pada contoh tidak tertulis jangka waktu pengembalian uang. Silakan Anda tambahkan sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Demikian, semoga contoh surat pegadaian tanah ini bermanfaat.

Pos terkait