Download Contoh Proposal Bendungan Sungai & Irigasi (Doc)

Contoh proposal bendungan pada halaman ini untuk Anda yang akan mengajukan pembangunan bendungan kepada pemerintah melalui jalur dan cara yang benar.

Masyarakat atau Pemerintah Desa boleh mengajukan bantuan pembangunan bendungan, kirmir, jalan atau infrastruktur lainnya kepada Pemda Kabupaten atau Provinsi. Namun dalam pengajuan tidak dibenarkan memakai cara-cara yang melanggar ketentuan Undang Undang di Negara Kesatuan Indonesia.

Muat Lebih

Cara yang tidak dibenarkan adalah lewat jalur belakang dengan cara suap atau gratifikasi. Selain itu, proyek pembangunan bendungan juga harus memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat. Jangan sampai hanya dijadikan sebagai cara untuk memperkaya suatu kelompok tertentu.

Meskipun sebaiknya begitu, tetapi pada akhirnya kembali kepada Anda. Intinya, segala bentuk bantuan pemerintah harus bisa dipertanggungjawabkan dan dijalankan dengan benar dan transparan. Agar di kemudian hari tidak ada penyesalan.

Contoh proposal bendungan
Contoh Gambar Pembangunan Bendungan Irigasi

Di bawah ini ada contoh proposal pembangunan bendungan. Contoh proposal ini bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Misalnya untuk proposal bendungan sungai, proposal bendungan saluran irigasi, proposal bendungan selokan dan lain-lain.

Contoh Proposal Bendungan

Baiklah, berikut ini contoh proposal bendungan yang sedang Anda cari. Silakan baca dulu, jika perlu download dan gunakan sebagaimana mestinya. Apabila ada redaksi yang tidak tepat, silakan ubah saja agar isinya menjadi lebih baik dan meyakinkan pemberi bantuan.

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT
KECAMATAN BAYONGBONG
DESA CINISTI

        Kepada :

Yth. Bapak …………………..

di

Tempat

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Disampaikan dengan hormat, bahwa keberadaan bendungan di Desa Cinisti sebagian besar dalam keadaan rusak karena sering longsor karena terkikis aliran sungai.

Sehubungan hal tersebut di atas maka pembangunan bendungan Kp. Pabrik Desa Cinisti yang kami harapkan bersama masyarakat bisa terlaksana guna menjaga keutuhan dan tersedianya air sampai ke lahan persawahan warga.

Mengingat hal tersebut d iatas, maka kami Kepala Desa beserta masyarakat berupaya mengumpulkan swadaya untuk terlaksananya pembangunan bendungan tersebut walaupun hasilnya masih jauh dari harapan, karena kemampuan masyarakat kami sangat terbatas dan sebagian besar merupakan petani dan buruh tani, jadi tidak mampu melaksanakan pembangunan bendungan secara swadaya sebagaimana yang diharapkan.

Besar harapan kami dan semoga mendapatkan perhatian pemerintah untuk terkabulnya permohonan ini.

Demikian permohonan ini disampaikan atas pertimbangan dan terkabulnya permohonan ini, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Bayongbong, …. Mei 2019
Camat Bayongbong

 

 

……………………………..

NIP.

Kepala Desa Cinisti

 

 

………………………….

 

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, atas segala nikmat dan karunia-nya kami dapat menyelesaikan proposal ini untuk mengajukan permohonan bantuan Pembangunan Bendungan Kp. Pabrik Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut.

Shalawat dan salam semoga dilimpahkean kepada jungjunan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, para sahabatnya serta orang-orang yang mengikutinya sampai akhir zaman.

Proposal ini disusun dan diajukan sebagai bahan pertimbangan dan kebijakan dalam menentukan alokasi pembangunan di desa kami pada tahun anggaran yang ditentukan. Kemudian proposal ini kami ajukan untuk permohonan bantuan Pembangunan Bendungan Kp. Pabrik Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat.

Melihat kondisi bendungan yang tidak kuat dan sangat memperihatinkan, sedangkan kemampuan sumber daya yang dimiliki sangat terbatas, maka untuk mewujudkan pembangunan tersebut kami berharap mendapat bantuan melalui program pembangunan dari pemerintah.

Demikian proposal ini kami sampaikan semoga apa yang kami harapkan dapat terkabul.

Penyusun

 

PROPOSAL PEMBANGUNAN BENDUNGAN
DESA CINISTI KECAMATAN BAYONGBONG
KABUPATEN GARUT

1. Latar Belakang

Dinamika pembangunan yang senantiasa membawa aspirasi dan tuntunan baru di masyarakat untuk mewujudkan kualitas kehidupan yang baik. Aspirasi dan tuntutan masyarakat itu dilandasi oleh hasrat untuk lebih baik beraktivitas dan berperan serta dalam mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Atas dasar itulah, masyarakat perlu diberi rangsangan untuk ikut serta memikirkan masalah-masalah yang dihadapi dan turut serta merumuskan pemecahannya/ solusinya. Peran serta masyarakat yang aktif akan lebih menumbuhkan kebersamaan, sehingga dapat memepercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera yang dilandasi dengan ilmu dan keimanan.

Upaya pembangunan desa memerlukan kepedulian yang diwujudkan dalam kemitraan dan kebersamaan berbagai pihak, dalam pengertian pemberdayaan pembangunan desa merupakan suatu proses perubahan suatu kesejahteraan dan peningkatan tantangan perkembangan pembangunan yang merupakan kewajiban bagi seluruh masyarakat dan pemerintah.

Pembangunan yang sedang diprioritaskan di Kp. Pabrik Desa Cinisti adalah pembangunan bendungan di Kp. Pabrik Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong  karena Bendungan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat guna pemenuhan kebutuhan air, penataan keindahan dan kenyamanan lingkungan. Pembangunan bendungan tersebut sangat diperlukan oleh karena itu masyarakat beserta pemerintah desa mencoba membangunnya.

2. Kondisi Bendungan

Adapun kondisi bendungan yang ada sekarang baru sebatas bendungan darurat, seperti menggunakan karung plastik saja. Sedangkan pembangunan bendungan yang kami harapkan dari bantuan pemerintah kabupaten maupun provinsi. Bendungan yang sangat parah dan mendesak kebutuhannya sepanjang …… m. Sebagai bahan pertimbangan, pemerintah desa bersama masyarakat telah menyediakan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan masyarakat seperti batu pecah dan pasir guna mempercepat pembangunan bendungan desa yang kami harapkan. Dengan harapan desa kami lebih terjamin keberadaan airnya dan layak sebagai mana mestinya.

3. Tujuan

Maksud dan tujuan pembangunan bendungan di Kp. Pabrik Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut adalah :

  • Untuk lebih memperlancar sarana irigasi
  • Memperbaiki saluran yang labil
  • Menata lingkungan supaya tidak kotor dan kumuh
  • Memberi rasa aman bagi warga masyarkat

4. Sasaran

Kiranya perlu dikemukakan bahwa pembangunan bendungan di desa Cinisti telah dibangun dari mulai bendungan secara swadaya masyarakat di sekitar desa, dan yang belum tersentuh pembangunnannya yaitu lokasi Kp. Pabrik sepanjang 85 m. Pemanfaat dari bendungan tersebut adalah 175 kepala keluarga.

5. Penutup

Demikian proposal ini kami buat, dengan harapan mendapat dorongan dan bantuan dana untuk terealisasinya pembangunan bendungan Kp. Pabrik Desa Cinisti Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut.

Atas segala bantuan serta uluran tangan Bapak dalam rangka meningkatkan pembangunan, kami berdo’a, semoga Allah SWT membalas kebaikan dengan pahala yang berlipat ganda.

Atas segala perhatian serta terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terimakasih.

Bayongbong, … Mei 2019

Kepala Desa Cinisti,

 

……………………

 

RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN BENDUNGAN

KP. PABRIK DESA CINISTI KEC. BAYONGBONG KAB. GARUT

No Uraian Satuan Ukuran Harga Satuan Jumlah
1 Pas. Bouplank/Profil M 17.950,00 574.400,-
2 Pembersihan Lokasi 1.490.000,00 1490.000,-
3 Pek. Galian Tanah 36.080,00 4293.520,-
4 Urugan Tanah Dipadatkan 85.380,00 1366.080,-
5 Pek. Pas. Batu Kali 1 : 4 546.210,00 113065.470,-
6 Pek. Siaran Batu Kali 35.400,00 10159.800,-
7 Pek. Plesteran 1 : 4 48.940,00 7732.520,-
8 Acian 21.360,00 4635.120,-
Total            143.316.910,-

Terbilang : Seratus empat puluh tiga juta tiga ratus enam belas ribu sembilan ratus sepuluh rupiah.

Bayongbong, … Mei 2019

Kepala Desa Cinisti,

 

……………………

Download contoh proposal bendungan di sini.

Nama daerah pada contoh porposal ini hanya untuk sekadar contoh. Silakan ganti nama kampung, nama desa, kecamatan dan kabupaten pada contoh proposal bendungan ini dengan data yang sebenarnya. Diusahakan teliti agar tidak ada perubahan data yang kelewat.

Angka-angka dalam RAB juga silakan sesuaikan dengan jumlah kebutuhan dan harga terbaru di wilayah masing-masing. Agar lebih lengkap, sebaiknya proposal bendungan dilengkapi dengan dokumentasi foto kondisi bendungan saat ini (nol % atau pra pembangunan)

Demikian semoga bermanfaat.

Pos terkait