13 Tanggal Penting dan Hari Bersejarah di Bulan Juni

  • Whatsapp

Tahukan Anda tanggal penting dan peringatan hari bersejarah di bulan Juni ini? Memang tidak semua mengingat tanggal penting dan hari bersejarah nasional atau internasional. Kecuali yang bersifat pribadi seperti hari kelahiran, hari ulang tahun jadian, ulang tahun perkawinan dan hari-hari penting lainnya dalam hidup kita.

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat dan Pacar Paling Keren

Muat Lebih

Pada bulan Juni terdapat 13 hari bersejarah dalam 11 tanggal. Tanggal 1 Juni merupakan hari paling bersejarah bagi Indonesia, karena tepat pada tanggal itu diperingati sebagai hari lahir Pancasila. Rakyat Indonesia pasti sudah pada tahu kalau Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tanggal Penting dan Hari Bersejarah di Bulan Juni

Inilah tanggal-tanggal penting dan hari bersejarah pada bulan Juni. Jika ini merupakan hari penting juga buat Anda, silakan catat atau tandai pada kalender Anda.

Baca juga: 20 Hari Libur Nasional 2019 dan Cuti Bersama Lebaran 1440 H

1 Juni: Hari Anak Internasional

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari anak internasional
Hari anak internasional via unsplash.com

Hari Anak internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni. Perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Hari anak internasional berbeda dengan hari anak sedunia. Hari anak sedunia diperingati pada 20 November. Hari Anak Internasional ditetapkan guna menarik perhatian dunia pada deretan isu yang berdampak pada anak.

Meskipun tanggal perayaan hari anak internasional dan hari anak sedunia berbeda, namun maksud dari keduanya adalah untuk melindungi anak-anak di berbagai keadaan, bahkan yang terburuk sekalipun, guna regenerasi lebih baik.

1 Juni: Hari Lahir Pancasila

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari lahir pancasila
Hari lahir Pancasila via TribunJabar

Dikutip dari Wikipedia, Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Bung Karno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Ir. Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Mulai tahun 2017, Hari Lahir Pancasila ditetapkan sebagai hari libur nasional menurut Keppres Nomor 24 Tahun 2016.

1 Juni: Hari Susu Nusantara

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari susu nusantara
Hari Susu Nusantara via Disnak Jatim

Tanggal 1 Juni 2018 merupakan Hari Susu Nusantara. Penetapan hari Susu Nusantara ini sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan konsumsi susu segar. Tak hanya itu, Hari Susu Nusantara itu pun merupakan upaya untuk mengembangkan usaha peternakan sapi perah di Indonesia.

3 Juni: Hari Pasar Modal Indonesia

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni Hari Pasar Modal Indonesia
Hari Pasar Modal Indonesia via malahayati.ac.id

Pada 3 Juni 1952, ketika Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno, Bursa Efek Jakarta dibuka kembali. Operasional bursa pada waktu itu dilakukan oleh PPUE (Perserikatan Perdagangan Uang dan Efek) yang beranggotakan bank negara, bank swasta dan para pialang efek. Dikutip dari malahayati.ac.id

5 Juni: Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Tanggal Penting dan Hari Bersejarah di Bulan Juni hari lingkungan hidup sedunia
Hari lingkungan hidup sedunia via tribunkaltim

Dikutip dari wikipedia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

8 Juni: Hari Laut Sedunia

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari laut sedunia
Hari laut sedunia via kemdikbud

World Ocenas Day atau Hari Laut Sedunia merupakan perayaan tahunan yang diperingati di berbagai belahan dunia. Hari Laut Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

15 Juni: Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN
Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN via Greeners.co

Setiap tahunnya tanggal 15 Juni diperingati sebagai Hari Demam Berdarah Dengue ASEAN. ASEAN Dengue Day digagas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 di Hanoi, Vietnam, pada tanggal 30 Oktober 2010 silam dan Indonesia menjadi pelopor peringatan Hari Dengue ASEAN pada 15 Juni 2011. Dikutip dari RRI.co.id

17 Juni: Hari Dermaga

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari dermaga
Hari Dermaga via twitter

Dalam catatan seperti dikutip dari kompasiana, bahwa tanggal 17 Juni adalah hari dermaga internasional.

21 Juni: Hari Krida Pertanian

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari krida pertanian
Hari Krida Pertanian via LumajangKab

Hari Krida Pertanian adalah hari besar bagi pertanian yang diadakan setahun sekali di Indonesia. Hari ini diperingati oleh tokoh-tokoh pertanian, peternakan, para pegawai dan pengusaha di dalam pertanian dan perkebunan pada tanggal 21 Juni. Hari Krida Pertanian juga menjadi wujud apresiasi dan penghargaan kepada para petani, peternak dan pekebun, serta seluruh pelaku pertanian.

22 Juni: Hari Ulang Tahun Kota Jakarta (sejak tahun 1527)

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari ulang tahun jakarta
Hari Ulang Tahun Kota Jakarta via okezone

22 Juni termasuk salah satu hari bersejarah di bulan Juni. Tanggal 22 Juni 1527 sebagai tanggal berdirinya Kota Jakarta. Tanggal 22 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Provinsi DKI Jakarta.

24 Juni: Hari Bidan Nasional

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni hari bidan
Hari Bidan via mmc Kalteng

Terbentuknya Hari Bidan Nasional berawal dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.

26 Juni: Hari Anti Narkoba Internasional

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni Hari Anti Narkoba Internasional
Hari Anti Narkoba Internasional via Kemenko Kemaritiman RI

Tanggal 26 Juni setiap tahunnya disepringati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial – ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

29 Juni: Hari Keluarga Nasional

tanggal penting dan hari bersejarah di bulan juni Hari Keluarga Nasional
Hari Keluarga via TribunJakarta

Tanggal 29 Juni merupakan tanggal penting dan hari bersejarah di bulan Juni. Pada tanggal bersejarah ini diperingati sebagai Hari Keluarga Berencana. Hari keluarga pertama kali diperingati pada tahun 1993 di Lampung.

Demikianlah info tentang tanggal penting dan peringatan hari bersejarah di bulan Juni. Semoga bermanfaat.

Pos terkait