Asal Usul, Sejarah dan Ucapan Selamat Hari Buku Nasional

Selamat hari buku nasional sahabat MyDocumen.id! Hari buku nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei. Tanggal itu dipilih sebagai hari buku nasional berdasarkan ide dari Abdul Malik Fajar, Menteri Pendidikan dalam Kabinet Gotong Royong pada 2002. Tanggal 17 Mei juga bertepatan dengan momentum peresmian Perpustakaan Nasional pada 17 Mei 1980.

Di Indonesia, minat membaca masih rendah. Rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahunnya. Penetapan Hari Buku Nasional bertujuan untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat Indonesia, diharapkan dapat melestarikan budaya membaca dan meningkatkan penjualan buku.

Menumbuhkan minat baca bisa dimulai dari diri sendiri. Anda bisa membaca buku sesuai dengan kesukaan. Seperti novel fiksi, non fiksi, biografi, atau bahkan komik. Membaca buku bisa dengan buku fisik atau buku elektronik (e-book).

Selamat hari buku nasional
via twitter @StorialCo

Di Twitter tagar #HariBukuNasional cukup populer. Pada 17 Mei Mei 2019 terdapat tiga ribuan tweet lebih (mungkin terus bertambah).

Berikut ini beberapa tweet terkait Hari Buku Nasional.

@rizkamaulitaa_ “Hari ini aku bingung mau baca buku apaan karena buku yang ku punya sudah habis aku baca Selamat.”

@septylahkau “Selamat hari buku nasional tukang tulis buku, tukang baca buku, tukang jual buku. Mari tetap sebarkan virus membaca!”

@askanshory “Ingin buat buku berjudul “Insomnia Cinta” Lantas isinya kosong ^-^ Mencerminkan bahwa saya adalah diri sendiri dan menciptakan kehidupan saya :).”

@tiakuu_ “Perbanyak membaca buku, jangan perbanyak membaca pesan pesanmu yg tak terbalaskan yg kamu kirim ke dia, sadar diri bangsat gitu aja harus diingetin.”

@abdel_goffarov “Setelah dirimu, hal yang menarik berikutnya adalah buku.”

@halqahislam “Pada masa Khalifah Al-Makmun, Hunain bin Ishak diberi emas seberat kitab-kitab yang beliau tulis.”

@hanyarekayasa “Selamat #HariBukuNasional !!! Banyaklah baca buku untuk menjelajahi dunia yg belum sempat kamu jamah, perluas sudut pandangmu, dan belajarlah untuk lebih memaknai hidup ~ *Brb cek website penerbit berburu diskon!!”

@bpnbdiy “Selamat #HariBukuNasional! Tweeps, tahukah kamu adanya peringatan Hari Buku Nasional ini bertujuan memacu minat baca masyarakat Indonesia. Sayangnya, dari data studi ‘Most Littered Nation in the World’ minat baca masyarakat Indonesia berada di urutan ke 60 dari 61 negara!”

@endaratnas “jangan hanya dibeli, tapi dibuka. jangan hanya dikoleksi, tapi dibaca. jangan hanya di tata rapi, tapi di resapi isinya. jangan hanya menyayangi, tapi nikahilah. ehee.. selamat #HariBukuNasional, terimakasih telah melengkapi kebutuhan literasiku, literasi dia dan kita semua.”

Pos terkait