Mengembalikan Folder dan File yang Hilang Oleh Virus

  • Whatsapp

Serangan virus itu macam-macam. Kasus yang sering terjadi adalah file hilang atau hidden dari flashdisk dan harddisk eksternal. Hilang atau tersembunyinya file pada flashdisk biasanya karena flashdisk itu terinveksi virus dari komputer lain, akibat ‘nyolok’ sana sini.

Modusnya adalah si virus menyembunyikan folder dan file asli seolah-olah folder dan file tersebut hilang. Kemudian virus mengelabui kita dengan menampilkan folder dan file .exe yang di bawahnya ada tanda panah melengkung seperti file shortcut. Kapasitasnya kecil hanya sekitar 1 kb tapi pas dilihat di propertiesnya disk space yang digunakan besar. Apabila file .exe itu diklik, maka virus akan menyebar di komputer, bahayanya virus bisa merusak file-file lain yang tidak berdosa.

File hilang oleh virus terlihat seperti sepele, tidak sampai merusak sistem operasi komputer. Tapi cukup bikin shock ketika file yang hilang adalah file penting dan tidak ada backupannya lagi. Kalau sudah begitu kadang suka berpikir, ya sudah format lagi aja. Relakan yang terjadi, file hilang oleh virus tak akan kembali, hadapi saja dengan senyuman.

Tunggu, jangan dulu menyerah dan terburu-buru memformat flashdisk atau harddisk eksternal yang kena virus. Di sini saya akan berbagi cara mengembalikan folder dan file yang hilang oleh virus. Kalau diperiksa melalui properties ruang terpakai disk ternyata besar, berarti folder dan file tidak hilang tetapi dihidden oleh virus (disembunyikan).

Pertama, coba dulu tampilkan file hidden di Windows Explorer. Pada Windwos 10, buka Windwos Explorer, klik menu Lihat > Opsi > tab menu Lihat > ceklis Tampilkan file, folder dan drive tersembunyi. Lalu klik OK.

Mengembalikan Folder dan File yang Hilang Oleh Virus

Apabila cara ini tidak berhasil menampilkan folder dan file terhidden, maka kamu bisa mencoba cara mengembalikan folder dan file yang hilang lewat CMD.

1. Jalankan program CMD, caranya di kotak pencarian ketik CMD lalu tekan Enter. Mau huruf kapital (CMD) atau lowercase (cmd) sama saja.

Mengembalikan Folder dan File yang Hilang Oleh Virus

2. Ketik drive plus titik dua (:) di mana folder dan file kamu hilang, contoh E: lalu enter.

3. Setelah drivenya pindah ke flashdisk atau harddisk eksternal yang filenya terhiden, lalu ketik: attrib -s -h *.* /s /d tekan Enter.

Cara mengembalikan folder dan file hilang oleh virus

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Seperti gambar di atas, data yang saya coba kembalikan di drive D, promt perintah kembali lagi ke D:>.

Ini saya juga mengalaminya, data-data penting yang disimpan di harddisk eksternal hilang (disembunyikan) oleh virus. Dan cara mengembalikan file terhidden yang dishare di sini work, folder dan file saya bisa dibuka lagi.

Mudah-mudahan folder dan file kamu yang hilang juga bisa dikembalikan. Selamat mencoba!