Rumus 5, Cara Menghitung Jumlah Pemakai Air Bersih

Sebelumnya pada rumus 1 dari rumus 7 kita bahas cara mengukur debit air, sekarang kita akan coba menghitung jumlah pemakai air bersih.

Rumus cara menghitung jumlah pemakai air bersih ini diambil dari modul penggunaan Rumus 7. Tujuan belajar rumus ini adalah agar dapat mengestimasi kebutuhan air bersih untuk sejumlah penduduk. Atau sebaliknya, agar dapat mengestimasi jumlah penduduk yang dapat dilayani suatu debit air.

Muat Lebih

Cara menghitung jumlah pemakai air bersih

Cara Menghitung Jumlah Pemakai Air Bersih
via merdeka.com

Rumus cara menghitung jumlah pemakai air bersih yang paling sederhana adalah 1 liter per detik mampu melayani 1000 orang di desa untuk semua kebutuhan manusia seperti mandi, cuci, kakus.

Jadi kita dapat menghitung kebutuhan air bersih dengan membagi jumlah penduduk dengan 1000, hasilnya langsung dalam satuan liter per detik.

Alternatif menghitung jumlah pemakai air bersih adalah menghitung jumlah penduduk dengan diketahui debit airnya. Debit air dalam satuan liter per detik dikalikan 1000 untuk langsung mendapat jumlah orang.

Contoh soal cara menghitung pemakai air bersih

1. Debit 2,4 liter per detik mampu melayani berapa orang?

Berdasarkan rumus sederhana di atas, 1 liter per detik mampu melayani 1000 orang, maka jawabannya adalah:

2,4 liter/detik x 1000 orang = 2.400 orang

2. Dua dusun dengan penduduk 800 manusia dan 1100 manusia perlu debit sebesar apa?

Pertama kita jumlahkan dulu penduduk di masing-masing dusun, yakni 800 + 1100 = 1900 penduduk. Selanjutnya gunakan rumus 1 liter per detik = 1000 orang, maka jika yang ditanyakan debut air, cara menghitungnya adalah:

1900 orang / 1000 orang = 1,9 liter per detik

Bagaimana, cara menghitung pemakai air bersih ini mudah sekali bukan?

Catatan : Jika sumber air sangat terbatas dan masyarakat setuju untuk menggunakan air hanya untuk minum dan masak, air sebanyak 1 liter per detik masih mampu untuk mencukupi kebutuhan 2.000 orang.

Demikian rumus cara menghitung jumlah pemakai air bersih. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Pos terkait