9 Langkah Partisi Harddisk Windows 10 Tanpa Hapus File

  • Whatsapp

Cara partisi harddisk Windows 10 tanpa hapus file atau install ulang. Cara ini berlaku untuk komputer atau laptop yang sudah terinstall Windows.

Anda misalnya baru membeli komputer atau laptop baru. Dari toko sudah dipasangi sistem operasi dan berbagai software aplikasi, namun drive-nya hanya 1 partisi yaitu C.

Dan Anda tidak ingin menginstall ulang karena misalnya tidak ada driver hardware, CD Windows 10 dan software Office dan lainnya. Tapi Anda juga ingin membagi harddisk menjadi beberapa partisi. Misalnya drive C untuk sistem operasi, D untuk menyimpan berkas, E untuk menyimpan gambar dan seterusnya.

Partisi hariddisk ke beberapa drive dapat membantu menyelamatkan data di komputer. Pada saat menyimpan data atau dokumen, bisa langsung disimpan di drive D.

Jadi ketika nanti sistem operasi bermasalah dan perlu diinstall ulang, data tetap aman karena disimpan di drive yang berbeda dengan partisi di mana terdapat sistem operasi.

Idealnya partisi harddisk dari awal, sebelum menginstall windows. Tetapi jika sudah terlanjur diinstal Windows dan harddisk sudah terisi data, itu yang bikin bingung. Mau dipindahin, datanya sudah banyak dan kapasitasnya pun besar.

Nah solusinya, jika Anda memakai Windows 10 lakukan partisi harddisk tanpa menghapus file atau menginstall ulang Windows.

Cara Partisi Harddisk Windows 10 Tanpa Hapus File

Berikut ini langkah-langkah partisi harddisk Windows 10 tanpa menghapus data yang sudah ada di drive C atau drive yang sudah ada.

Langkah 1: Tekan Windows + R pada keyboard. Ketik diskmgmt.msc lalu tekan Enter atau klik OK.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 1

Setelah itu akan muncul jendela Disk Management seperti pada gambar di bawah ini. Pada gambar di bawah dapat dilihat bahwa hanya ada 1 drive, yakni drive C. Drive ini akan kita bagi menjadi 2 partisi, drive C dan D.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 2

Langkah 2: Klik kanan pada drive C. Lalu klik Shrink Volume.. Tunggu proses loading beberapa saat.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 3

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 4

Langkah 3: Muncul popup yang berisi jumlah kapasitas maksimal untuk partisi baru. Boleh gunakan kapasitas maksimal yang bisa dipartisi, atau diubah lagi menjadi lebih kecil. Saya gunakan space maksimal. Lalu klik Shrink.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 5

Langkah 4: Nah, setelah itu di bagian bawah akan muncul Unallocated drive dengan kapasitas yang tadi Anda buat. Klik kanan pada Unallocated, lalu pilih New Simple Volume.. Lihat contohnya pada gambar di bawah ini.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 6

Langkah 5: Klik Next> pada jendela Welcome to the New Simple Volume Wizard.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 7

Langkah 6: Klik lagi Next> pada jendela Specify Volume Size jika ingin partisi hardisk Windows 10 Anda kapasitasnya seperti itu.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 8

Langkah 7: Klik lagi Next> pada jendela Assign Drive Letter or Path. Setelannya biarkan saja seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 9

Langkah 8: Pada jendela Format Partition, klik Next>

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 10

Langkah 9: Terakhir, pada jendela Completing the New Simple Volume Wizard silakan klik Finish.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 11

Dan hasilnya drive baru akan muncul. Nah, Alhamdulillah partisi harddisk Windows 10 sudah selesai. Kini harddisk di Windows Anda sudah berubah menjadi dua partisi, drive C dan D.

Cara partisi harddisk windows 10 tanpa hapus file data 12

Apabila ingin membagi lagi drive D menjadi dua partisi, misalnya menjadi drive D dan E. Maka lakukan langkah-langkah partisi hardisk Windows 10 di atas dari awal sampai akhir. Hanya yang di-shrink-nya drive D, bukan C.

Demikian, trik membagi harddisk menjadi beberapa partisi pada Windows 10. Jika Anda pengguna Windows 7 atau Windows 8, silakan coba semoga cara partisi harddisk Windows 10 juga bisa dipakai untuk Win 7 dan 8. Namun saya sendiri belum pernah mencoba. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Pos terkait