Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia

  • Whatsapp

Bunga bangkai dan rafflesia ternyata berbeda, namun kadang masyarakat awam menganggap bunga bangkai dan rafflesia adalah tumbuhan yang sama. Sehingga sering tertukar antara penyebutan bunga bangkai dan rafflesia.

Saya juga awalnya mengira antara bunga bangkai dan rafflesia itu sama, namun setelah menemukan bunga bangkai di kampung Sukahaji, Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut pada 3 November 2018, saya jadi sedikit mengerti perbedaan rafflesia dan bunga bangkai.

Itu pun setelah blogwalking sana-sini. Awalnya bukan untuk mencari perbedaan rafflesia dan bunga bangkai, tetapi sekadar mencari tahu jenis bunga bangkai apa yang ditemukan di kampung Sukahaji itu.

1. Nama Latin

Dari hasil penelusuran, perbedaan bunga bangkai dan rafflesia adalah:

Nama latin rafflesia adalah rafflesia, sedangkan nama latin bunga bangkai adalah Amorphpophallus.
Beberapa jenis Rafflesia (di Indonesia); Rafflesia arnoldii (endemik di Sumatra Barat, Bengkulu, dan Aceh), R. borneensis (Kalimantan), R. cilliata (Kalimantan Timur), R. horsfilldii (Jawa), R. patma (Nusa Kambangan dan Pangandaran), R. rochussenii (Jawa Barat), dan R. contleyi (Sumatra bagian timur).

2. Bunga

Ciri utama yang membedakan rafflesia dengan bunga bangkai adalah bentuknya yang melebar dan berwarna merah. Ketika mekar, bunga rafflesia bisa mencapai diameter sekitar 1 meter dan tinggi 50 cm. Bunga rafflesia tidak memiliki akar, tangkai, maupun daun. Bunganya memiliki 5 mahkota. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya 5-7 hari. Setelah itu rafflesia akan layu dan mati.

Perbedaan bunga bangkai dan rafflesia

Bunga bangkai mahkotanya berwarna merah ke-ungu-an. Bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi. Ketinggian bunga bangkai jenis amorphophallus titanium bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 m. baru bisa tumbuh bila umbinya memiliki berat minimal 4 kg.

3. Perkembangbiakan

Bungai bangkai dapat dibudidaya dalam area dengan ketinggian 120 – 350 meter di atas permukaan laut. Sedangkan rafflesia tidak pernah berhasil dikembangbiakan di luar habitat aslinya, kecuali di Kebun Raya Bogor.

4. Parasit

Bunga bangkai memiliki pohon dan umbi sendiri, bunganya tumbuh tidak bergantung pada tumbuhan lain. Sedangkan rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang tumbuh di tanaman merambat.

Itulah sedikitnya perbedaan antara bunga bangkai dan rafflesia. Semoga bermanfaat.

Pos terkait