PMK No. 58/2019: Juknis THR PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara dan Pensiunan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada 9 Mei 2019 telah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 58/PMK/05/2019 tentang Juknis THR PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara dan Pensiunan tahun 2019.

Secara lebih lengkap, PMK N0. 58 tahun 2019 ini tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

PMK 58 2019 Juknis THR PNS, TNI, Polri

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah tunjangan yang diberikan menjelang hari raya Idul Fitri. Juknis ini mengatur kriteria penerima, besaran dan waktu pemberian THR untuk PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara dan Pensiunan.

Penerima THR PNS, TNI, Polri dan Pensiunan 2019

Dalam PMK No. 58/2019 disebutkan, penerima THR PNS, Prajurit TNI dan Polri termasuk yang ditugaskan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

PNS, TNI, Polri yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya.

PNS, Prajurit TNI, dan Anggota POLRI yang diberhentikan sementara karena diangkat menjadi komisioner atau anggota lembaga nonstruktural. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota POLRI penerima uang tunggu dan Calon PNS.

Sedangkan penerima pensiun adalah:

a. Pensiunan PNS;
b. Pensiunan Prajurit TNI;
c. Pensiunan Anggota POLRI;
d. Pensiunan Pejabat Negara;
e. Penerima pensiun janda, duda, atau anak dari Penerima Pensiun se bagaimana dimaksud dalam
huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d; dan
f. Penerima pensiun orang tua dari PNS yang tewas.

Besaran THR PNS, TNI, Polri dan Pensiunan 2019

Pada pasal 5 PMK No 58/2019 disebutkan besaran THR sebagai berikut:

  1. Penerima gaJI terusan dari PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, atau Pejabat Negara yang meninggal dunia atau tewas diberikan Tunjangan Hari Raya yaitu sebesar penghasilan 1 (satu) bulan gaji terusan pada 2 (dua) bulan sebelum bulan Hari Raya.
  2. Penerima gaji dari PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, atau Pejabat Negara yang dinyatakan hilang diberikan Tunjangan Hari Raya yaitu sebesar penghasilan 1 (satu) bulan pada 2 (dua) bulan sebelum bulan Hari Raya.

Pembayaran THR PNS, TNI, Polri dan Pensiunan 2019

Dalam PMK No. 58/2019, padal 9 disebutkan:

  1. Tunjangan Hari Raya untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara dibayarkan paling cepat 10 (sepuluh) hari kerja sebelum tanggal Hari Raya.
  2. Dalam hal Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dapat dibayarkan, Tunjangan Hari Raya dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.

Demikian info singkat PMK No. 58/2019 tentang Juknis THR PNS, TNI, Polri, Pejabat Negara dan Pensiunan tahun 2019. Selengkapnya silakan download PMK No. 58/2019 di sini.

Pos terkait