Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang Lengkap Dengan Contoh Soal

  • Whatsapp

Rumus luas persegi panjang adalah rumus dasar dalam perhitungan matematika. Namun karena banyaknya pelajaran atau hal-hal yang kita pikirkan, kadang kita lupa cara menghitung luas persegi panjang. Tidak heran memang, sebagai manusia kita kadang punya banyak persoalan sehingga lupa terhadap hal-hal dasar, termasuk rumus untuk menghitung keliling persegi panjang 😊.

Sekadar berbagi dan mengingatkan pelajaran matematika, di sini saya akan sharing rumus luas dan keliling persegi panjang disertai contoh soalnya. Tenang! Contoh soal yang akan ditulis pada postingan ini jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan persoalan hidupmu. I’m sorry, just kidding.

Muat Lebih

Daripada memikirkan persoalan hidup yang datang silih berganti, mendingan kita mulai saja pembahasan rumus keliling dan luas persegi panjang. Namun sebelum ke rumus, saya ingin coba mengingatkan kembali definisi atau pengertian persegi panjang.

Persegi panjang (bahasa Inggris: rectangle) menurut situs wikipedia adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku.

Rumus keliling dan luas persegi panjang

Keterangan:
A, B, C, D = sudut siku-sikut (90 derajat)
d = diagonal (garis yang menghubungkan dua simpul berurutan dari poligon atau polyhedron)
p = panjang
l = lebar

Rumus Luas Persegi Panjang

L = p.l (Luas = panjang x lebar)

Contoh soal:

Sebuah bangun persegi panjang memiliki rusuk terpanjang 25 cm, dan rusuk terpendek 10 cm. Berapa luas persegi panjang tersebut?

Jawab:

L = p.l
L = 25 x 10
L = 250 cm

Rumus Keliling Persegi Panjang

K = 2.(p+l) atau dibaca keliling = 2 x (panjang + lebar)

Contoh soal:
Sebuah bangun persegi panjang memiliki rusuk terpanjang 25 cm, dan rusuk terpendek 10 cm. Berapa keliling persegi panjang tersebut?

Jawab:

K = 2.(p+l)
K = 2.(25 + 10)
K = 2 x 35
K = 70 cm

Rumus Diagonal Persegi Panjang

Contoh soal:

Sebuah bangun persegi panjang memiliki rusuk terpanjang 25 cm, dan rusuk terpendek 10 cm. Berapa diagonal persegi panjang tersebut?

Jawab:

Silakan coba kamu hitung sendiri, berapa diagonal dari persegi panjang di atas?

Pos terkait