Sistem Zonasi PPDB Merugikan Sekolah Swasta?

  • Whatsapp

MYDOCUMENT.ID, Sistem zonasi PPDB Online SMP dan SMA 2019 menuai pro kontra, baik di kalangan orang tua maupun penyelenggara pendidikan.

Kritik dan keluhan pun terus bermunculan. Yang lucu, muncul meme yang bernada sindiran terhadap sistem zonasi PPDB, yakni meme “pernikahan sistem zonasi”.

Muat Lebih

Pengaruh sistem zonasi PPDB terhadap sekolah swasta

Penerapan sistem zonasi sedikit banyak berdampak terhadap jumlah murid di sekolah swasta.

Misalnya yang terjadi di Kota Surabaya. Munculnya aksi damai ratusan guru swasta merupakan buntut dari kebijakan pemerintah yang dianggap tidak berpihak pada sekolah swasta.

Dilansir detikcom (2/7/2019), ratusan guru di Surabaya gelar aksi damai di depan Balai Kota. Ratusan guru itu menuntut Kadispendik Surabaya mundur karena kebijakannya dianggap tidak memihak sekolah swasta.

Disebutkan, dari beberapa spanduk para guru, di antaranya ada yang berisi ‘Murid Swasta Habis Ditarik ke Negeri Semua’

Dalam orasinya, para guru swasta menuntut Kepala Dispendik Ikhsan mundur. Sebab mereka menilai Ikhsan telah menghianati kesepakatan dengan para guru swasta.

pengaruh sistem zonasi ppdb terhadap sekolah swasta

Kelemahan sistem zonasi

Hari ini (2/7/2019) Kompas.com memberitakan Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan kelemahan sistem zonasi PPDB dalam rapat pimpinan Kepala Daerah se-Indonesia.

Menurut penilaian Bima Arya, penerapan sistem zonasi PPDB tidak sesuai target untuk membangun asas keadilan dalam kualitas pendidikan. Sistem zonasi juga dapat menimbulkan praktik manipulasi data kependudukan.

Disebutkan, sebelumnya Bima mencium indikasi kecurangan dalam PPDB SMA di Kota Bogor. Ia menemukan adanya dugaan data palsu tiga calon siswa saat mendaftar ke SMAN 1 Kota Bogor.

Namun di sisi lain, sekolah swasta juga harus bersiap menerima limpahan siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri.

Jadi, pengaruh penerapan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru bisa memberi dampak baik dan buruk pada sekolah swasta. Bergantung dari lokasi masing-masing dan kualitas sekolah swasta yang bersangkutan.

Kelebihan sistem zonasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memaparkan kelebihan sistem zonasi di PPDB.

Menurut paparan Mendikbud, sistem zonasi itu guna memberikan akses dan keadilan terhadap pendidikan bagi semua kalangan masyarakat.

Pada dasarnya semua anak bangsa memiliki hak yang sama. Sistem zonasi dapat mengurangi kompetisi yang berlebihan untuk masuk sekolah negeri.

Cirinya harus non excludable, non rivarly, dan non discrimination.

Mendikbud mengatakan, keluarga yang kurang mampu dapat menyekolahkan anaknya di sekitar rumah, sehingga tidak perlu lagi memikirkan biaya transportasi.

“Apabila seorang anak yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu tidak mendapat sekolah di dalam zonanya, mereka akan berpotensi putus sekolah karena kendala biaya,” ucapnya, dikutip dari¬†detikcom (19/6/2019).

Pos terkait