Surat Edaran Mendikbud Tentang Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019

  • Whatsapp

Surat Edaran Mendikbud tentang Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019. Diketahui bahwa semua PNS wajib ikut upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2019 mendatang. Upacara tersebut bersifat wajib sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menerbitkan surat edaran perihal Upacara Bendera dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila.

Muat Lebih

Surat Edaran Kemdikbud tentang Upacara Hari Lahir Pancasila 1 juni 2019

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, para pimpinan unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, para kepala UPT Kemdikbud, para Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota dan para Kepala Sekolah/Madrasah di seluruh Indonesia diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2019.

Pakaian yang dikenakan saat melaksanakan upacara Hari Pancasila adalah pakaian adat/tradisional sesuai dengan norma kepantasan.

Kemdikbud juga mengimbau untuk memasang bendera merah putih berukuran besar pada dinding luar gedung-gedung di instansi masing-masing mulai tanggal 17 Mei 2019 sampai dengan 2 Juni 2019.

Bagi PNS, mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila ini bersifat wajib. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan upacara tersebut bersifat wajib sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Baca juga: Hukuman Bagi PNS yang Tidak Ikut Upacara Hari Lahir Pancasila

Sementara itu, Kepala BKN telah membuat surat edaran nomor 01 Tahun 2019 terkait pelaksanaan upacara pada 1 Juni 2019. Dalam surat itu ditegaskan bahwa seluruh pegawai BKN diwajibkan mengikuti upacara yang diselenggarakan di kantor pusat, kantor regional BKN, dan Pusat Pengembangan ASN.

Bahkan, PNS di lingkungan BKN yang sedang cuti juga diwajibkan mengikuti upacara di kantor BKN atau pemerintah daerah setempat sesuai lokasi pegawai tersebut.

“Kalau case di BKN, Kepala BKN memberi keleluasaan untuk ikut upacara di mana saja di kantor pemerintah,” ungkap Ridwan.

Download surat edaran Mendikbud tentang Upacara Hari Lahir Pancasila 2019 di sini.

Pos terkait