Contoh Surat Keterangan Domisili Pribadi dan Perusahaan

  • Whatsapp

Surat keterangan domisili pribadi atau perorangan adalah surat untuk menerangkan domisili atau tempat tinggal seseorang. Surat domisili perusahaan adalah surat yang menerangkan alamat kantor atau kegiatan operasi perusahaan.

Surat ini biasanya dikeluarkan oleh pemerintah desa atau kelurahan. Keterangan domisili pribadi dan perusahaan biasanya diperlukan ketika seseorang mengajukan pinjaman modal ke bank dan/atau keperluan lainnya.

Muat Lebih

contoh surat keterangan domisili

Mungkin Anda bertanya, kenapa harus bikin surat keterangan domisili. Apakah tidak cukup dengan KTP?

Di KTP sudah ditulis alamat lengkap pemegangnya. Namun pemegang KTP bisa saja pindah alamat atau tidak tinggal di alamat yang tertera di KTP. Nah, oleh karena itu untuk menerangkan di mana dia tinggal saat ini dibuatlah surat keterangan. Jadi KTP dan surat domisili sama sekali tidak bertentangan, tetapi justru surat domisili memberikan keterangan tambahan mengenai kediaman seseorang saat ini.

Untuk mengurus surat keterangan domisili perorangan atau perusahaan, warga desa biasanya langsung datang ke kantor desanya masing-masing. Sedangkan warga kelurahan atau yang domisili di wilayah perkotaan biasanya minta surat keterangan atau pengantar dari RT, RW kemudian datang ke kantor kelurahan.

Atau pengurusannya dibantu oleh RT/RW setempat. Bergantung dari kesediaan Pak RT atau Pak RW. Yang jelas, surat keterangan ini pribadi dikeluarkan oleh pemerintah desa atau kelurahan dan diketahui oleh camat di kecamatan yang bersangkutan. Tarif pembuatan surat domisili pribadi dan perusahaan mungkin berbeda di tiap desa/kelurahan, bergantung dari peraturan desa/kelurahan masing-masing.

Contoh surat keterangan domisili pribadi dari desa atau kelurahan

Surat domisili dari kelurahan dan surat domisili dari desa dibedakan oleh kepala surat dan pejabat pembuat surat. Berikut ini contoh surat domisili pribadi dari desa.

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT

KECAMATAN BANJARWANGI

KANTOR KEPALA DESA JAYABAKTI

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor :                                        

 

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa Jayabakti Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama                                   : …………………………………………………….

Tempat Tanggal Lahir             : …………………………………………………….

Jenis Kelamin                        : …………………………………………………….

Agama                                 : …………………………………………………….

Alamat                                 : Kp. ………………………………RT/RW. ………

Desa Jayabakti Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut

Yang namanya tersebut di atas menurut keterangan dari RT / RW setempat serta menurut catatan kependudukan yang ada pada kami benar-benar warga kami yang beralamatkan tersebut di atas.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dijadikan bahan seperlunya serta kepada yang berkepentingan agar memaklumi.

 

Mengetahui

Camat,

 

Nama Camat

Jayabakti, 24 April 2019

Kepala Desa Jabakti,

 

Nama Kepala Desa

Lihat juga: Contoh surat keterangan domisili kelompok atau panitia

Contoh surat keterangan domisili perusahaan

Surat keterangan domisili perusahaan redaksinya sedikit berbeda dengan surat keterangan pribadi. Surat domisili untuk perusahaan menerangkan alamat kantor atau kegiatan operasional perusahaan yang bersangkutan. Berikut ini contoh surat domisili untuk perusahaan.

PEMERINTAH KABUPATEN GARUT

KECAMATAN BANJARWANGI

KANTOR KEPALA DESA/ KELURAHAN BANJARWANGI

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor : ………………………

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah :

Nama

Jabatan

Alamat

:

:

:

Nama Kepala Desa/ Lurah

Kepala Desa/ Lurah Banjarwangi

Kp. Banjarwangi RT. 01 RW. 06 Desa/Kelurahan Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut

Menerangkan bahwa :

Nama

Alamat

:

:

:

Nama yang diterangkan

Kp. Banjarwangi RT. 01 RW. 06 Desa/Kelurahan Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut

Benar perusahaan/ lembaga tersebut berdomisili dan beroperasi di Desa Banjarwangi Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Demikian surat keterangan domisili ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya, dan kepada yang berkepentingan agar menjadi maklum.

 

Mengetahui

Camat Banjarwangi,

 

Nama Camat

Banjarwangi, 5 November 2018

Kepala Desa Banjarwangi,

 

Nama Kepala Desa

Untuk lebih cepat mendapatkan surat keterangan domisili dari kelurahan atau desa, ada juga beberapa orang yang membuat surat sendiri kemudian ditandatangankan kepada kepala desa atau lurah. Namun nomornya tidak boleh diisi karena harus melihat nomor surat di kantor desa/kelurahan.

Surat keterangan domisili sangat diperlukan sebagai persyaratan administrasi untuk pengajuan kredit atau pinjaman ke bank, keterangan tinggal, pengajuan SBU dan SIUJK untuk CV dan sebagainya.

Persyaratan

Surat keterangan domisili ini dikeluarkan oleh pemerintah desa/ kelurahan diketahui oleh camat setempat. Data-data yang dibutuhkan dalam pembuatan surat keterangan domisili untuk perorangan antara lain Kartu Identitas (KTP/SIM) yang masih berlaku, sedangkan persyaratan untuk perusahaan diantaranya KTP penanggungjawab, akta notaris dan NPWP.

Itulah contoh surat keterangan domisili dari desa atau kelurahan untuk perorangan dan perusahaan/ lembaga, semoga bermanfaat.

Pos terkait