Contoh Surat Perjanjian Gadai Mobil dan Motor

Surat perjanjian gadai mobil atau motor sebagai bukti hitam di atas putih atas pinjam meminjam uang dengan jaminan mobil. Gadai mobil bisa menjadi perbuatan tolong menolong apabila caranya benar. Menurut Buya Yahya, mobil yang digadaikan adalah BPKB da mobilnya boleh disimpan di 3 tempat.

Sekilas tentang cara gadai mobil

Pertama, di pihak yang meminjamkan uang namun dia tak boleh memakainya (hukumnya haram). Kedua, di pihak pemilik mobil itu sendiri, dia boleh pakai mobilnya tapi harus seizin yang meminjamkan uang. Selain itu pemakaian mobil tidak boleh mengurangi nilai. Ketiga, mobil dapat dititipkan di pihak ketiga yang amanah. Untuk motor juga sama.

Muat Lebih

Orang yang punya mobil atau motor, dia boleh menggadaikan mobilnya. Fungsinya, gadai mobil tersebut sebagai jaminan kepercayaan bagi pihak yang meminjamkan uang. Dalam pandangan Islam, orang yang meminjamkan uang tidak boleh mengambil manfaat dari mobil tersebut seperti memakainya atau menyewakannya. Juga tidak boleh ada nilai tambah (bunga) ketika mengembalikan uang.

Contoh surat perjanjian gadai mobil motor
via intanblog.com

Namun beda ketika menggadaikan mobil atau motor ke lembaga keuangan seperti pegadaian. Mereka memiliki aturan perusahaan sendiri dan mereka juga punya surat perjanjian gadai mobil sendiri. Contoh surat perjanjian gadai mobil dan motor ini hanya contoh surat untuk perjanjian kendaraan antar individu.

Surat perjanjian gadai mobil atau motor berisi data identitas pemilik mobil (pihak ke-1) dan yang meminjamkan uang (pihak ke-2). Antara dua pihak sepakat untuk tolong menolong meminjamkan uang dengan jaminan berupa BPKB dan mobilnya, atau gadai mobil tanpa BPKB-nya.

Selain identitas kedua belah pihak, dalam surat perjanjian gadai mobil dan motor juga berisi identitas kendaran, nilai gadai dan jangka waktu pengembalian uang. Jika dibuat lengkap, di dalamnya juga terdapat poin-poin atau pasal-pasal mengenai kesepakatan pegadaian mobil.

contoh surat perjanjian gadai mobil

Contoh Surat Perjanjian Gadai Mobil atau Motor

SURATPERJANJIAN GADAI MOBIL / MOTOR

 

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : ……..
Tempat, Tanggal Lahir : ……..
Pekerjaan : ……..
Alamat : ……..
No. KTP/SIM : ……..

Dengan ini sebagai Pihak Pertama (Pemilik Mobil).

Nama : ……..
Tempat, Tanggal Lahir : ……..
Pekerjaan : ……..
Alamat : ……..
No. KTP/SIM : ……..

Dengan ini sebagai Pihak Kedua (Yang Meminjamkan Uang).

Kedua belah sepakat untuk mengadakan perjanjian gadai mobil / motor dengan ketentuan yang diatur sebagai berikut :

  1. Pihak Pertama menjamin bahwa sepeda motor yang akan digadaikan kepada Pihak Kedua adalah benar milik Pihak Pertama dan tidak sedang dijaminkan pada Pihak Ketiga. Pihak Kedua juga telah mengetahui kondisi mobil yang dimaksud oleh Pihak Pertama. Motor yang dimaksud adalah :
Atas nama : ……..
Merk Mobil : ……..
Warna : ……..
No. Rangka : ……..
Tahun : ……..
CC Motor : ……..
No. Polisi : ……..
No. Mesin : ……..
No. BPKB : ……..
  1. Pihak Pertama akan menggadaikan mobil / motor diatas kepada Pihak Kedua dengan harga Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah), secara tunai dan tanpa adanya perantara.
  2. Pihak Pertama akan menyerahkan surat-surat kelengkapan beserta menitipkan mobil pada saat Pihak Kedua melakukan pembayaran, yakni pada tanggal ……………
  3. Untuk biaya pengembalian uang oleh Pihak Pertama kepada Pihak Kedua paling lambat pada tanggal …………..
  4. Bilamanan terjadi perselisihan dalam transaksi ini, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan dan baru akan ke jalur hukum bila tak ditemui titik terang penyelesaian.

Demikian surat perjanjian gadai mobil / motor dibuat rangkap dua dengan masing-masing rangkap mempunyai kekuatan hukum yang sama. Kedua belah pihak juga dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun dalam pembuatannya.

  …………., …….. 2019
   
Pihak Pertama Pihak Kedua
   
…………. ………….

Poin-poin kesepakatan (perjanjian) boleh ditambahkan atau dikurangi dari contoh di atas. Download contoh surat gadai mobil dan motor, silakan klik di sini.

Demikian, semoga bermanfaat.

Pos terkait