5 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah dan Ruko

Contoh surat perjanjian kontrak rumah untuk tempat tinggal atau tempat usaha. Selain dijadikan tempat tinggal, rumah memang bisa juga digunakan sebagai tempat usaha. Bergantung dari kreatifitas dan tujuan orang yang menempatinya. Apakah dia kontrak sewa rumah hanya untuk tempat tinggal atau plus tempat bisnis.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua rumah bisa dijadikan tempat bisnis (offline). Kecuali untuk beberapa bisnis rumahan saja. Kalau bisnis online bisa dilakukan dari rumah karena bisnis online tidak membutuhkan ruangan (fisik toko/kantor) secara khusus.

Muat Lebih

Contoh surat perjanjian sewa rumah
via rumah.com

Bangunan rumah yang sudah pasti bisa dijadikan tempat usaha adalah ruko. Bangunan ruko biasanya memiliki toko di lantai bawah atau di depan, dan rumah di lantai atas atau di bagian belakang toko.

Ketika melakukan sewa menyewa rumah dan ruko, selain kwitansi pembayaran perlu juga dibuat surat perjanjian sewa rumah. Begitu pula ketika sudah membayar biaya kontrakan rumah atau ruko, perlu dibuat surat perjanjian kontrak rumah.

Perbedaan Sewa dan Kontrak Rumah

Sewa dan kontrak itu seperti sama padahal pengertiannya beda. Apa perbedaan sewa menyewa dan kontrak rumah?

Sewa yang cenderung non formal dan lebih kepada unsur “kepercayaan” antar kedua belah pihak, atau material/barang yang disewakannya relatif pada posisi aman terkendali, atau bisa juga relatif murah harganya.

Sedangkan kontrak cenderung bersifat formal, karenanya sering kali bentuk perjanjiannya dituangkan ke dalam surat perjanjian bermeterai. Di dalam surat kontrak biasanya terdapat poin sangsi, poin kesepakatan kedua belah pihak yang ditandatangani bersama dan ditandatangani saksi.

Perjanjian sewa rumah lebih bersifat sementara dengan jangka waktu yang belum pasti dan cenderung lebih singkat (1 hari, 1 minggu atau 1 bulan). Sedangkan perjanjian kontrak rumah menunjukan kepastian jangka waktu dan umumnya lebih lama (1 tahun, 5 tahun atau 10 tahun).

Pengertian kontrak menurut Black’s Law Dictionary adalah suatu perjanjian antara dua orang atau lebih yang menciptakan kewajiban untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu hal yang khusus.

Kontrakan rumah biasanya diperpanjang tiap beberapa tahun, misalnya 1 tahun. Jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang dituangkan dalam surat kontrak rumah.

Dalam kurun waktu 1 tahun tadi misalnya, pemilik rumah tidak bisa membatalkan perjanjian secara sepihak. Yang ngontrak juga sama. Mau ditempati atau tidak, karena sudah dikontrak biasanya tidak mengurangi biaya atau mendapat kembalian biaya.

Contoh surat perjanjian kontrak rumah

Contoh surat perjanjian sewa rumah dan ruko

Karena rumah merupakan aset yang sangat berharga, baik sewa maupun kontrak sebaiknya dibuat surat perjanjian oleh kedua belah pihak.

Berikut ini beberapa contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah.

1. Contoh surat sewa rumah dari lamudi.co.id

SURAT PERJANJIAN SEWA RUMAH

Pada hari ini ……………………….. tanggal …… …………… ..……..di ……………….., Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama : ……………
Tempat, Tgl. Lahir : ……………
Pekerjaan : ……………
Alamat : ……………
Nomor KTP : ……………

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA (Pemilik)

2. Nama : ……………
Tempat, Tgl. Lahir : ……………
Pekerjaan : ……………
Alamat : ……………
Nomor KTP : ……………

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (Penyewa)

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA dengan ini terlebih dahulu menerangkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa, PIHAK PERTAMA adalah pemilik yang sah atas sebuah rumah tempat tinggal yang berdiri di atas tanah hak atas tanah milik dengan sertifikat hak milik (SHM) Nomor: ………/…………….. atas nama ……………………….., yang setempat dikenal sebagai Jalan ……………………….. …. RT/RW……/……, Kelurahan ……………………….., Kecamatan……………………….., Kabupaten/Kotamadya ……………………….., Propinsi ………………………..  (selanjutnya disebut “Rumah”).
  2. Bahwa, PIHAK PERTAMA bermaksud untuk menyewakan Rumah tersebut kepada PIHAK KEDUA sebagaimana PIHAK KEDUA bermaksud untuk menyewa Rumah tersebut dari PIHAK PERTAMA.

Selanjutnya, untuk maksud tersebut di atas, PARA PIHAK sepakat untuk mengikatkan diri

dalam Perjanjian Sewa Rumah (selanjutnya disebut “Perjanjian”) ini dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagaimana diatur dalam pasal-pasal di bawah ini:

Selengkapnya mengenai pasal-pasal perjanjian silakan download di sini.

2. Contoh perjanjian sewa menyewa rumah dari scribd.

Contoh surat perjanjian sewa rumah

3. Contoh surat perjanjian sewa ruko dari lamudi.co.id

SURAT PERJANJIAN SEWA MENYEWA RUKO

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama : ……………
  Tempat, Tgl. Lahir : ……………
  Pekerjaan : ……………
  Alamat : ……………
  Nomor KTP : ……………

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA

2. Nama : ……………
  Tempat, Tgl. Lahir : ……………
  Pekerjaan : ……………
  Alamat : ……………
  Nomor KTP : ……………

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA telah setuju untuk menyewakan kepada PIHAK KEDUA tanah berikut bangunan berupa rumah toko (ruko) berlantai [(…………..) (…………………………………………..)] yang berdiri di atasnya yang terletak di alamat (………………………………………………………………………………………………………………………………..) dengan luas tanah [(………………) (……………………………………………………………)] meter persegi dengan sertifikat hak milik Nomer (……………………………………………..), gambar situasi Nomer ( ………………………) tanggal/bulan/tahun ( ………/……………………………./…………………. ). Selanjutnya kedua belah pihak telah bersepakat untuk mengadakan perjanjian yang tertulis dalam 13 (tiga belas) pasal, sebagai berikut:

Selengkapnya surat perjanjian sewa ruko format doc silakan download di sini.

Contoh surat perjanjian kontrak rumah dan ruko

Meskipun pengertian sewa dan kontrak berbeda. Namun dalam surat perjanjian, sewa dan kontrak rumah atau ruko pada dasar memiliki redaksi yang sama. Silakan download contoh surat perjanjian kontrak rumah dari rumah.com

Contoh surat perjanjian kontrak rumah sederhana

SURAT PERJANJIAN SEWA RUMAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

1. Nama : ……………
  Tempat, Tgl. Lahir : ……………
  Pekerjaan : ……………
  Alamat : ……………
  Nomor KTP : ……………

Dalam Hal ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA (pemilik)

2. Nama : ……………
  Tempat, Tgl. Lahir : ……………
  Pekerjaan : ……………
  Alamat : ……………
  Nomor KTP : ……………

Dalam Hal ini disebut sebagai PIHAK KEDUA (Penyewa)

Pada hari ini ….. Tanggal ……………. telah terjadi Kesepakatan antara kedua belah Pihak untuk melakukan Perjanjian Sewa Rumah/Ruko ukuran …. m x …. m yang beralamat di ….. Desa/ Kelurahan ….. Kecamatan ….. Kabupaten/ Kota. Pihak Pertama telah menyewakan Rumah. Ruko kepada Pihak Kedua selama … (…..) bulan/ tahun terhitung dari tanggal ……….. (………….)  sampai dengan tanggal ………. (…………….) dengan harga sewa sebesar Rp. ……….. (……….) Tunai.

Demikian Surat Perjanjian Sewa ini dibuat dengan sadar tanpa ada unsur paksaan dari Pihak manapun dan sudah disepakati oleh Kedua Belah Pihak serta dapat dijadikan Kekuatan Hukum.

Pihak Kedua,

……………..

…………, ………….. 2019

Pihak Pertama,

……………..

Silakan download doc surat kontrak rumah sederhana Google Drive.

Bagaimana hukum sewa atau kontrak rumah menurut pandangan Islam?

Dilansir alhmanhaj.or.id, ahli fiqih dari berbagai madzhab telah menegaskan bahwa akad sewa-menyewa dibenarkan dalam syari’at Islam. Bahkan sewa menyewa termasuk satu akad yang telah dijalankan oleh para nabi sejak zaman dahulu kala.

Konsekuensi hukum dalam akad sewa-menyewa dan kontrak ialah ulama ahli fiqih telah menjelaskan bahwa akad sewa bersifat mengikat kedua belah pihak. Dengan demikian, kedua pihak tidak dapat secara sepihak membatalkan akad sewa tanpa restu dari pihak kedua. Silakan download hukum kontrak dalam Islam dari pta-jambi.go.id.

Demikian contoh surat perjanjian kontrak rumah beserta perjanjian sewa menyewa. Semoga postingan ini dapat memberi kebaikan bagi semua.

Pos terkait