Kumpulan Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan

  • Whatsapp

Sebentar lagi akan ramai ucapan selamat menunaikan ibadah puasa melalui pesan WA atau status Facebook. Pasalnya bulan puasa 1440 H yang bertepatan dengan tahun 2019 M akan segera tiba. Sesama muslim atau dari non muslim ke umat Islam biasanya suka memberikan ucapan menjelang Ramadhan.

Kita tahu bahwa bulan puasa merupakan bulan suci bagi pemeluk agama Islam. Muslim yang sudah baligh dan beriman kepada Allah SWT akan berpuasa di bulan Ramadan. Kecuali mereka yang berhalangan dan dibolehkan tidak berpuasa menurut syariat Islam.

Muat Lebih

Dalil Menunaikan Ibadah Puasa Bulan Ramadan

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya

Bulan Ramadan adalah bulan-bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Qur’an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al Baqarah: 185).

Ibadah puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam. Puasa bulan Ramadan termasuk ke dalam Rukun Islam yang keempat. Perintah menjalankan ibadah puasa jelas ada dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Sebagai muslim, saya senang apabila mendapatkan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa. Kata-kata ucapan itu menandakan sebuah penghormatan bagi yang menjalankannya. Terutama penghormatan terhadap bulan suci Ramadan. Lebih dalam lagi, memuliakan Allah SWT yang telah memerintahkan kita untuk menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Contoh Kata-kata Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Orang yang diberi kata ucapan selamat ibadah puasa tentunya dia muslim. Namun perlu diperhatikan juga level usianya. Apakah dia orang tua? remaja? calon pasangan hidup? atau siapa?

Jangan sampai kata-kata buat pacar yang sedikit alay diucapkan kepada orang tua atau pimpinan. Kan tidak efektif. Alih-alih mendapat simpati justru malah memalukan.

Ucapan selamat menunaikan ibadah puasa ramadan
Gambar pemanis via sijai.com

Ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa untuk orang tua

Assalamu’alaikum Mah, Pah..!

Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan 1440 H. Selamat menunaikan ibadah puasa ya Mah, Pah! Semoga diberi kekuatan menahan diri dari segala godaan. Maaf, aku tak bisa pulang munggahan bareng Mamah dan Papah. Insya Allah Idul Fitri aku mudik. Jangan lupa do’akan aku dan anak istriku agar mendapatkan berkah, rahmat dan magfirah-Nya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Iitu tadi contoh ucapan selamat berpuasa dari seorang anak kepada ibu bapaknya. Meskipun tak bisa pulang munggahan di rumah orang tua, kata-kata itu sedikitnya dapat mengobati kerinduan mereka.

Walau bagaimanapun, orang tua akan selalu merindukan anak-anaknya yang jauh di rantau orang. Apakah kamu suka mengirimkan pesan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa pada orang tua? Kalau berlum pernah, coba pada awal bulan Ramadan tahun ini.

Ucapan selamat menyambut Ramadhan untuk rekan kerja dan atasan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bulan suci penuh ampunan telah tiba. Puji syukur tak terhingga pada Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan karunia-Nya. Saya dan keluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1440 H. Semoga di bulan penuh berkah ini kita bisa lebih mendekatkan diri pada Illahi.

Mohon maaf lahir dan bathin atas kekhilafan saya selama ini. Semoga puasa kita diterima Allah SWT. Aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Kata-kata ucapan selamat ibadah puasa bagi rekan kerja mungkin sedikit formal. Namun tidak perlu kaku atau memakai kata-kata baku.

Ucapan selamat puasa untuk teman

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bro and Sis!

Puasa Ramadhan 1440 H telah tiba. Yuk kita menunaikannya dengan penuh keikhlasan. Selamat menunaikan ibadah puasa ya! semoa kita diberi kekuatan menahan godaan dan kita semua mendapatkan ampunan-Nya.

Jangan lupa sahur ya Bro dan Sis! Biar kalian kuat menahan haus dan lapar. Terutama biar kuat menjalani hari-hari di bulan puasa tanpa ucapan selamat berbuka dari orang spesial.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ucapan selamat ibdah puasa untuk teman tentunya lebih santi. Dan mungkin bisa ditambah sedikit ‘candaan’ yang kreatif. Tapi inti dari ucapan selamat harus tetap ada. Berikan juga motivasi pada teman-teman agar ikhlas dan khusuk menjalankan ibadah.

Ucapan selamat menunaikan ibadah puasa untuk di WA atau Facebook

Marhaban ya Ramadan! Atas nama pribadi dan keluarga, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1440 H bagi netizen yang menjalankannya. Tolong dimaafkan kalau banyak postingan saya yang menyinggung. Semoga amal ibadah kita diterima di sisi Allah SWT.

Contoh ucapan selamat menunaikan ibadah puasa dari lembaga/intansi

Marhaban ya Ramadan! Keluarga besar PT. Alim Rugi mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1440 H/ 2019 M. Semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT.

Itulah beberapa contoh kata-kata ucapan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga dapat bermanfaat.

Pos terkait